in ,

Pemerintah Gelar Vaksinasi Untuk Lansia dan Pekerja

Pemerintah Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia dan Pekerja
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Pemda DKI, dan Indonesia Healthcare Corporation (HLC) menggelar Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama bagi kalangan lansia di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan ini untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per bulan ini dimulai pada Senin, (8/3/21). Kegiatan ini akan difokuskan terlebih dahulu bagi para lansia. Sinergi antar-lembaga pemerintahan dan daerah ini dilakukan untuk mendukung tahap kedua vaksinasi nasional yang menyasar kalangan lansia di DKI Jakarta.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia Sehat segera mungkin. Dalam kondisi seperti ini, kolaborasi dan sinergi antar-lembaga pemerintah dan daerah harus berjalan cepat dan strategis. “Ini momen krusial agar kita semua mempercepat program Indonesia Sehat demi mendukung Indonesia Bekerja. Lansia sebagai yang paling rentan, harus didahulukan,” ujar Erick Thohir di Jakarta.

Baca Juga  Menkop UKM: Kontribusi Pajak UMKM Masih Rendah

Kementerian BUMN menjadi lokomotif hadirnya Sentra Vaksinasi Bersama ini demi mempermudah akses bagi publik, serta mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi program pemerintah. Direncanakan Sentra Vaksinasi COVID-19 berlangsung juga di kota-kota lain yang membutuhkan percepatan. “Sama seperti dengan apa yang kami lakukan di DKI Jakarta, kami juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah yang membutuhkan percepatan dan tentunya Kementerian Kesehatan,” tambah Erick.

Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama ini menargetkan setiap harinya tak kurang dari lima ribu pendaftar akan divaksin dan akan dilakukan secara berturut-turut dalam kurun waktu sekitar empat bulan. Untuk mengakomodasi peserta vaksinasi, bagi kalangan lansia data peserta akan diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, dan dari peserta umum yang berbasis komunitas.

Baca Juga  Hutama Karya Selesaikan Pembangunan PLTM di Sumut

Erick bersyukur, perusahaan-perusahaan BUMN sejak COVID-19 merebak sudah saling bersinergi dan kolaborasi untuk mengatasi pandemi. Kini, dengan program vaksinasi nasional, ia juga mengajak semua BUMN untuk saling bahu-membahu mempercepat vaksinasi nasional. Selama ini Kementerian BUMN dan BUMN telah mengambil peran penting dalam penanganan COVID-19 dan program vaksinasi COVID-19 nasional. Mulai dari pengadaan PCR, persiapan Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat, diplomasi vaksin secara bilateral dan multilateral.

Selain Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) juga menjadi salah satu kementerian yang telah memulai vaksinasi bagi seluruh pegawainya hari ini, termasuk karyawan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP KUKM) atau Smesco Indonesia serta Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) yang merupakan satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca Juga  KemenkopUKM dan PBNU Tanda Tangani MoU Santri

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan, ia tengah mengajukan agar pelaku Koperasi dan UKM hingga di daerah juga bisa segera mendapatkan suntikan vaksin khususnya pelaku UKM yang bergerak di sektor kuliner. Sebab, di tengah pandemi ini, pelaku usaha di sektor ini termasuk yang paling banyak bersentuhan dengan publik. “Kami sudah ajukan agar pelaku UKM di sektor makanan dan minuman karena sektor ini dari segi ekonomi berjalan baik di tengah pandemi tapi juga punya potensi penularan,” ungkapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *