in ,

Pemerintah Dongkrak Ekonomi Bali Pascapandemi

Kendati ekonomi lesu, mayoritas kabupaten di pulau dewata ini mempunyai kinerja serapan APBD di atas angka nasional. Hal itu terjadi khususnya di Kabupaten Klungkung, Gianyar, dan Buleleng.

“Hal ini mengindikasikan adanya upaya counter cyclical dari daerah tersebut sebagaimana yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Belanja APBD menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi, apabila sudah dianggarkan segera dibelanjakan,” kata Astera.

Seperti diketahui, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) juga berhasil menahan kontraksi ekonomi akibat tekanan pandemi Covid-19. Tanpa intervensi APBN, kontraksi ekonomi 2020 akan lebih dalam.

Astera menambahkan, tema kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2022, yaitu pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Hal itu dielaborasikan ke dalam tiga aspek.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

Pertama, human capital dengan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing; sistem kesehatan yang terintegrasi dan andal; perlindungan sosial sepanjang hayat dan adaptif. Kedua, transformasi ekonomi dengan dukungan sektoral untuk mendorong pertumbuhan dan birokrasi yang profesional dan berintegritas. Ketiga, penguatan data reformasi penganggaran, baik di pusat dan di daerah (zero based budgeting) yang akurat, reliable, dan terintegrasi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Hingga 15 Maret 2024 Terkontraksi Penurunan Harga Komoditas

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *