in ,

Pemerintah Alokasikan Anggaran PEN 2022 Rp 414 T

Sri Mulyani memastikan, subsidi KUR sebesar 3 persen akan dilanjutkan pada tahun 2022, sehingga tingkat suku bunga KUR tetap sebesar 6 persen. Plafon KUR juga ditingkatkan seiring tingginya permintaan, dari Rp 285 triliun menjadi Rp 373,13 triliun. Kendati demikian, pemerintah akan berhati-hati dalam pemberian insentif subsidi KUR ini.

“Presiden minta agar bank-bank tidak mengalihkan para peminjaman biasa (debitur eksisting) untuk menerima KUR. Bukan itu tujuannya tetapi mencari klien baru, sehingga menjangkau lebih banyak sektor usaha kecil untuk mendapat keringanan,” kata Sri Mulyani.

Ketiga, dukungan kepada dunia usaha sebesar Rp 141,4 triliun. Anggaran ini diprioritaskan untuk memberi dukungan kepada bisnis yang berkaitan dengan kegiatan infrastruktur, pariwisata, ketahanan pangan, dukungan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan korporasi berupa insentif perpajakan, dan sebagainya.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Selain itu, Sri Mulyani juga mengungkapkan tantangan dari sisi global yang diprediksi akan meningkat tahun 2022 dan berpotensi memengaruhi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), antara lain laju inflasi yang tinggi di berbagai negara, tapering off bank sentral AS, serta perubahan kebijakan di sektor keuangan.

Di sisi lain, saat ini Indonesia tengah menikmati melonjaknya harga komoditas dunia sehingga berdampak positif pada penerimaan negara, baik pajak, bea dan cukai, serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

“Dampak commodity boom juga terasa pada kinerja ekspor yang tumbuh hampir 50 persen. Tetap harus diantisipasi. Kalau hari ini ekspor kita bisa tumbuh mendekati 50 persen, jangan punya ilusi bahwa pertumbuhannya akan terus kuat. Kita harus terus berikhtiar sehingga kinerja ekonomi akan terus bertahan baik,” kata Sri Mulyani.

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *