in ,

Pelindo 1 Catat Kinerja Positif Arus Petikemas Naik 10%

Pelindo 1, Port of Rotterdam, dan Zhejiang akan bekerja sama dalam optimalisasi KTMT, pelayaran kapal-kapal direct call dari Ningbo Zhoushan Port ke Pelabuhan Kuala Tanjung, serta pengembangan kawasan industri di Kuala Tanjung seluas 200 Ha pada tahap pertama yang disediakan untuk industri-indusrti dari Cina. Kerja sama dengan mitra strategis yang memiliki jaringan logistik global ini menjadi langkah Pelindo 1 untuk mewujudkan Kuala Tanjung PIE sebagai The Indonesia’s Logistic and Supply Chain Hub.

Selain itu, Pelindo 1 melalui anak perusahaannya, PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) juga menandatangani MoU dengan Union Resources & Engineering Co Ltd (UREC) untuk pemanfaatan lahan dan infrastruktur di kawasan industri Kuala Tanjung. PPK akan menyediakan lahan dan infrastruktur dasar untuk kebutuhan pembangunan smelter tembaga milik UREC di kawasan industri Kuala Tanjung yang akan dibangun di area seluas 100 Ha.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Untuk mendukung performa perusahaan pada tahun ini, Pelindo 1 akan mengoptimalkan layanan di Pelabuhan Belawan melalui pengoperasian TPK Belawan fase 2 untuk memenuhi kebutuhan customer yang kian meningkat. TPK Belawan fase 2 memiliki panjang dermaga 350 meter dengan container yard seluas 350 x 306 meter yang dilengkapi dengan peralatan bongkar muat modern seperti 4 unit Ship to Shore (STS) Crane, 12 unit Automatic Rubber Tyrede Gantry (ARTG), dan 20 Terminal Tractor untuk mendukung kegiatan bongkar muat peti kemas yang menerapkan pola operasi dan teknologi yang berstandar internasional.

Basuki menyebutkan, Pelindo 1 yang berada di lokasi yang strategis yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka merupakan jalur tersibuk di dunia yang dilewati 25 persen komoditas perdagangan dunia serta didukung dengan hinterland yang kuat di sepanjang Pulau Sumatra.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

“Pelindo 1 akan mengoptimalisasi posisi strategis ini untuk mewujudkan visinya menjadi gerbang utama Indonesia ke jaringan logistik global,” pungkasnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *