in ,

PeduliLindungi Bisa Digunakan di Uni Eropa

PeduliLindungi Bisa Digunakan
FOTO: IST

Pajak.com, Brussels – Uni Eropa telah mengesahkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di wilayahnya mulai 11 Mei 2022. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels menyatakan, pengesahan dilakukan melalui keputusan pelaksanaan yang memuat pengakuan kesetaraan atas sertifikat vaksinasi yang terdaftar dalam PeduliLindungi maupun EU Digital Covid Certificate. Dengan demikian, ini akan mempermudah perjalanan warga Indonesia yang berkunjung ke Uni Eropa maupun sebaliknya. Warga Indonesia yang berkunjung ke Uni Eropa tidak perlu lagi mendaftarkan QR Code secara terpisah lagi karena PeduliLindungi bisa digunakan di Uni Eropa. Bagi warga Uni Eropa yang bepergian ke Indonesia pun tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa Andri Hadi menegaskan, aksi saling pengakuan ini merupakan bentuk nyata penguatan kerja sama Uni Eropa dan Indonesia. Selain itu, juga memperlihatkan pentingnya posisi Indonesia bagi Uni Eropa.

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

“Dengan penyetaraan itu, maka QR Code yang ada di aplikasi tersebut bisa terbaca di 27 negara Uni Eropa. Diharapkan dapat berkontribusi pada meningkatnya minat wisatawan Eropa yang akan berkunjung ke Indonesia di musim liburan mendatang,” kata Andri dikutip Pajak.com (13/5).

Ia mengungkapkan, saat ini sebagian besar negara Eropa memang telah melakukan relaksasi aturan pembatasan secara bertahap. Namun, sistem sertifikat vaksinasi tetap menjadi alat penting untuk mendukung mobilitas di wilayah Uni Eropa. Kondisi senada juga masih diterapkan di Indonesia.

Commissioner for Justice Uni Eropa Didier Reynders menambahkan, Indonesia telah tergabung dalam sistem Sertifikat Digital COVID-19 Uni Eropa yang terhubung dengan 40 negara lainnya, serta tentunya 27 negara anggota Uni Eropa.

Baca Juga  Sri Mulyani dan Presiden ADB Bahas Kerja Sama Pemensiunan Dini Pembangkit Listrik Batu Bara

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *