in ,

OJK: Sektor Keuangan Sehat, Kita Segera Pulih

Wimboh Santoso Sektor Keuangan Sehat, Kita Segera Pulih
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso optimistis masa sulit telah terlewati dan saatnya menyambut pemulihan ekonomi. Keyakinan ini berangkat dari sinergi kebijakan yang telah dilakukan, mulai dari penguatan daya tahan sektor keuangan baik perbankan, industri keuangan non-bank (IKNB), hingga pasar modal.

“Dengan kebijakan yang kita keluarkan bersama (Bank Indonesia, Kementerian Keuangan), saat ini terlihat pasar modal kita sudah kembali indeksnya seperti sebelum Covid-19. Ini tidak lain karena masyarakat percaya kepada Indonesia. Kami akan meyakinkan nasabah, kondisi perbankan juga menunjukkan perbaikan,” kata Wimboh, pada webinar bertajuk Economic Outlook 2021, pada Kamis siang (25/2).

Sinergi kebijakan melalui stimulus digelontorkan OJK untuk menopang likuiditas pasar yang diharapkan bisa menjaga kepercayaan pasar dan mendorong pemulihan ekonomi.

Baca Juga  OJK Perpanjang Stimulus Lembaga Keuangan Non Bank

“Harus ada keyakinan bahwa kita bisa pulih, tanpa itu akan sulit mencari resep-resep untuk segera pulih. Optimisme itu harus ada di semua lini. Intinya kami memberikan, menjaga situasi, dan kami sepakat likuiditas dilonggarkan.” kata Wimboh.

Dari sisi fiskal, OJK mencatat telah merestrukturisasi kredit di perbankan hingga Rp 971 triliun terhadap 7,9 juta debitur per 8 Februari 2021. Dari jumlah itu, 6,2 juta debitur adalah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Karena kalau nasabah-nasabah yang kena (terdampak) Covid-19 dikategorikan macet, akan luar biasa memerlukan effort yang besar terutama compliance-nya. Sementara kita tahan ini tetap lancar, dan juga tidak perlu dibentuk PPAP (penyisihan penghapusan aktiva produktif) sehingga nanti ini bisa segera di-refinancing apabila situasi sudah memungkinkan. Awalnya kita rencanakan satu tahun tapi kita perpanjang sampai Maret 2022,” jelas Wimboh.

Baca Juga  Pemerintah Beri Dispensasi Debitur KUR Korban Semeru

Sekali lagi, ia yakin dengan perpanjangan fasilitas itu Indonesia akan segera pulih dari masa sulit. Terlebih dengan adanya upaya pemerintah mengakselerasi vaksinasi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0