in ,

Menkeu Lantik 638 Pejabat Lingkungan Kemenkeu

Menkeu Lantik 638 Pejabat
FOTO: Dok. Kementerian Keuangan

Menkeu Lantik 638 Pejabat Lingkungan Kemenkeu

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati lantik 638 orang pejabat yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Secara rinci, pelantikan tersebut merupakan pelaksanaan mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (eselon I) sebanyak 3 orang, mutasi/promosi antarunit yang melibatkan 11 unit eselon I dan 2 unit non-eselon sebanyak 39 pejabat eselon III, 79 pejabat eselon IV, dan 3 pejabat unit non-eselon.

Selanjutnya, terdapat mutasi/promosi internal di unit eselon I masing-masing yaitu sebanyak 321 orang pejabat eselon III dan 52 orang pejabat eselon IV, serta mutasi Jabatan Fungsional Madya sebanyak 108 orang pemeriksa pajak di Direktorat Jenderal Pajak dan 6 orang auditor di Inspektorat Jenderal, serta pengangkatan Jabatan Analisis Kebijakan di Badan Kebijakan Fiskal sebanyak 27 orang.

Sri Mulyani mengungkapkan, pelantikan hari ini melibatkan sejumlah pejabat yang cukup banyak—mulai dari mutasi, promosi, maupun pengangkatan ke jabatan fungsional. Ia berujar, pelantikan yang dilakukan ini bisa semakin membawa makna tersendiri kepada masing-masing pejabat karena dilakukan pascaperayaan Hari Oeang Republik Indonesia ke-76.

Baca Juga  Jokowi Ajak Pelaku Industri Jasa Keuangan Dukung Ekonomi Berkelanjutan

Menurutnya hari bersejarah itu merupakan tanda hari kelahiran bagi berfungsinya pekerjaan Kementerian Keuangan. Selain itu, ia menilai pelantikan ini sebagai bagian dari penyegaran organisasi yang dilakukan secara berkala, dan juga antisipasi tuntutan kebutuhan agar organisasi Kemenkeu senantiasa sehat, sinergis, dan kolaboratif.

“Ini juga merupakan upaya berkala dari kita untuk terus melakukan penyegaran dan sekaligus untuk merevitalisasi seluruh unit di Kementerian Keuangan, dengan menekankan pada aspek integritas, sinergi, kolaborasi agar kita sigap menghadapi tantangan dan tangguh terus mengawal pemulihan,” kata Sri Mulyani saat upacara pelantikan di Kementerian Keuangan, dikutip Pajak.com, Rabu (2/11).

Sri Mulyani berharap, para pejabat yang baru dilantik dapat menunjukkan kecintaannya kepada Republik Indonesia dengan cara membaktikan diri untuk bekerja yang terbaik di Kementerian Keuangan.

Baca Juga  Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto dan AHY Jadi Menteri Baru

“Institusi Kementerian Keuangan adalah tempat di mana Anda bekerja untuk terus membaktikan diri pada Republik Indonesia. Ini adalah cara kita untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Republik Indonesia. Selalu berikan yang terbaik. Itulah cara mencintai yang tulus. Selamat bekerja kepada Anda semuanya,” tuturnya.

Sri Mulyani meminta agar setiap insan Kementerian Keuangan terus meningkatkan kinerjanya sebagai bukti tanggung jawab dalam mengemban tugas yang baru.

“Jadi jabatan bukanlah hak, jabatan bukanlah kepemilikan pribadi, apalagi jabatan publik seperti di Kementerian Keuangan,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar para pejabat yang dilantik mampu membawa Kementerian Keuangan menjadi institusi nan ideal, yaitu institusi yang mampu mengelola keuangan negara, dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Baca Juga  Tanda Bisnis Membutuhkan Transformasi Digital

Tak hanya itu, para pejabat juga diharapkan dapat selalu mengantisipasi berbagai perubahan dalam perekonomian domestik maupun global, tantangan keuangan negara maupun tantangan perekonomian, serta tantangan perubahan teknologi maupun perubahan SDM.

“Ini bukan masa yang normal. Oleh karena itu, Saya berharap seluruh jajaran Kementerian Keuangan bisa mendedikasikan dirinya di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya beyond normal function,” pungkasnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *