in ,

Mengimbangi Proses Bisnis dan ESG, Peruri Raih SNI Award 2023

Peruri Raih SNI Award 2023
FOTO: Peruri

Mengimbangi Proses Bisnis dan ESG, Peruri Raih SNI Award 2023

Pajak.com, Jakarta – Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) raih penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2023 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Peruri dinilai menjalani excellent business process dengan mengimbangi penerapan Environment, Social, and Governance (ESG).

Penghargaan ini diterima oleh Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi dari Kepala BSN Kukuh S. Achmad, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Kali ini Peruri mendapatkan peringkat Gold, sementara pada SNI Award 2022 perseroan mendapatkan peringkat Bronze.

“Penghargaan ini menunjukkan komitmen Peruri dalam menerapkan proses bisnis yang ekselen dengan standardisasi yang tinggi. SNI Award merupakan apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada para pelaku usaha serta organisasi yang konsisten menerapkan SNI,” ungkap Kukuh dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (20/11).

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

Ia menjelaskan, penilaian SNI Award 2023 dilakukan terhadap performance organisasi berdasarkan tujuh kriteria, yaitu kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasi (proses bisnis), analisis dan peningkatan kinerja, serta hasil bisnis.

Sebelumnya, Kukuh menegaskan bahwa BSN tengah memperkuat standardisasi untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. BSN mendukung standardisasi penerapan implementasi ekonomi sirkular dan ESG dalam perusahaan.

“Ini menjadi sebuah momentum bagi seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan dunia yang lebih baik melalui pemantapan infrastruktur mutu, seperti standardisasi dan penilaian kesesuaian (akreditasi, sertifikasi, inspeksi) serta ketertelusuran pengukuran. BSN menitikberatkan pada pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang belum optimal dalam menghasilkan barang atau jasa, sehingga menghasilkan emisi gas rumah kaca (GRK),” jelasnya.

Dengan demikian, BSN berharap terjadi transformasi bisnis yang mengarah kepada implementasi ekonomi sirkular dan ESG yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan mempertahankan nilai produk, bahan, dan sumber daya.

Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

“BSN mendukung kebijakan pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) melalui penerapan standar dan penilaian kesesuaian ekonomi sirkular atau ESG,” tegas Kukuh.

Sementara itu, Adi memastikan komitmen Peruri melakukan pelestarian lingkungan melalui komitmen pelaksanaan ESG telah tertuang dalam roadmap Peruri Hijau dan akan diimplementasikan secara berkelanjutan.

“Oleh karenanya, transformasi bisnis Peruri berlandaskan ESG menjadi salah satu nilai tambah pada penilaian SNI Award 2023. Roadmap Peruri Hijau merupakan landasan praktik bisnis, investasi, dan implementasi kebijakan yang selaras dengan keberlanjutan yang ditopang kerangka ESG,” jelasnya.

Peruri berterima kasih kepada BSN atas apresiasi yang diberikan.  Penghargaan ini diharapkan turut menginspirasi industri lain di Indonesia untuk menerapkan standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam mewujudkan organisasi yang berkelanjutan.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

“Ke depannya Peruri terus berkomitmen untuk menerapkan SNI secara konsisten dengan kinerja unggul demi meningkatkan daya saing perusahaan baik di tingkat nasional maupun global,” pungkas Adi.

Baca juga: 

BSN Dukung Standardisasi Penerapan Ekonomi Sirkular dan ESG https://www.pajak.com/ekonomi/bsn-dukung-standardisasi-penerapan-ekonomi-sirkular-dan-esg/.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *