in ,

Mendag Apresiasi Dukungan Selandia Baru Presidensi G20

Ia melanjutkan bahwa perdagangan Indonesia dan Selandia Baru memiliki peluang yang besar untuk terus dikembangkan. Terlebih, Indonesia memiliki beberapa produk potensial seperti kendaraan bermotor, kertas koran, kertas tanpa lapisan, dan kayu lapis.  Sedangkan, produk potensial dari Selandia Baru di antaranya susu bubuk rendah lemak, potongan sapi beku, dan apel segar.

Tidak hanya itu saja, dalam bidang investasi, Selandia Baru masuk dalam peringkat ke-38 sumber investasi asing untuk Indonesia pada 2021, dengan total investasi mencapai 8,2 juta dollar AS. Pada periode tersebut, Selandia Baru berinvestasi pada sektor jasa, yaitu hotel dan restoran, perumahan, kawasan industri, dan kegiatan bisnis, serta perdagangan dan perbaikan.

Baca Juga  Harga Pangan dan Energi Naik, Pemerintah Beri Bansos

“Saya mendorong investor Selandia Baru untuk mengeksplorasi sektor potensial lainnya untuk menciptakan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi kedua negara,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pertumbuhan Ekspor dan Perdagangan Selandia Baru O’connor juga menyampaikan dukungannya dalam meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia dan Selandia Baru. Ia juga menyampaikan bahwa dibutuhkan kerja sama berbagai negara dalam mengatasi tantangan di depan.

“Salah satunya dalam mengurangi dampak akibat perubahan iklim dan dampak akibat perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia,” katanya.

Perlu diketahui, total perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru pada periode Januari-Maret 2022 tercatat sebesar 487,10 juta dollar AS, atau meningkat 32,68 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 367,12 juta dollar AS. Sedangkan pada 2021, total perdagangan kedua negara tercatat sebesar 1,68 miliar dollar AS.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *