in ,

Mandiri dan Pertamina Bentuk SPBT

SPBT Kebumen akan membantu peningkatan produksi beras dan kesejahteraan 170.000 petani. SPBT dengan kapasitas produksi sebesar 3 ton/jam ini dikelola bersama PT Mitra Desa Kebumen (MDK)—yang sahamnya dimiliki Koperasi Migatani Lestari Mandiri; Mitra BUMDes Nusantara; dan anak perusahaan BUMN lainnya.

Adapun fasilitas SPBT Kebumen meliputi toko yang menjual beragam pupuk dan kebutuhan sarana produksi pertanian; program pembinaan budidaya tanam dengan smart and corporate farming; akses permodalan atau penyaluran dana bergulir; bank gabah.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pendekatan pemberdayaan petani berbasis kewirausahaan akan menciptakan kemandirian dan kesejahteraan petani. Mandiri dan Pertamina akan terus berupaya membantu peningkatan kualitas beras premium bernilai jual tinggi. “Mandiri akan membantu penyaluran KUR (kredit usaha rakyat) untuk petani,” jelas Darmawan.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Kementerian BUMN memang tengah fokus terhadap peningkatan kualitas pangan dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah berencana meresmikan holding BUMN pangan pada kuartal III-2021. PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) akan menjadi induk holding perusahaan dan memiliki anggota perusahaan BUMN bidang pertanian, seperti PT Pertani, PT Sang Hyang Seri, dan sebagainya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Implementasikan Prinsip ESG, AIA Luncurkan ePolicy

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *