in ,

LPEM FEB UI Berharap BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

Faktor pemulihan ekonomi domestik juga dapat dilihat dari tingkat inflasi dalam negeri. Menurutnya, saat ini inflasi belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi pada Maret 2021 berada pada angka 1,37 persen atau sedikit lebih rendah dibandingkan angka bulan sebelumnya, yakni sebesar 1,38 persen. Sementara itu, inflasi bulanan tercatat pada 0,08 persen  pada Maret 2021 atau lebih rendah dibandingkan tingkat inflasi bulanan pada periode sebelumnya yakni 0,10 persen.

Namun, tren pemulihan domestik yang berlanjut semakin memperbesar momentum potensi pemulihan ekonomi. Hal itu terlihat dari indeks keyakinan konsumen (IKK) yang terus mengalami peningkatan pada bulan Maret 2021 ke level 93,4 dari 85,8 pada Februari 2021. Beberapa kebijakan seperti penerapan insentif dinilai terbukti berpengaruh dalam meningkatkan IKK.

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan dari pabrik ke dealer atau secara grosir pada Maret 2021 mencapai 84.910 unit atau meningkat 72,6 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Penerapan insentif pajak penjualan atas barang mewah atau PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) untuk mobil baru terbukti efektif mendongkrak penjualan produk otomotif sepanjang Maret 2021,” kata Rieky.

Ditulis oleh

Baca Juga  Wamenkominfo Soroti Urgensi Perlindungan Data Pribadi dan Privasi

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *