in ,

Lonjakan Kasus Covid-19, Hambat Pertumbuhan Ekonomi

Setelahnya, ekonomi kembali pulih. Tercermin dari meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat di bulan April dan Mei—indeks keyakinan konsumen (IKK), indeks penjualan ritel, dan penjualan mobil meningkat.

“Begitu Covid-19 bisa ditangani, maka aktivitas meningkat dan aktivitas ekonomi mulai menggeliat. Namun sekali lagi, dengan munculnya Covid-19 di bulan Juni, kita harus waspada,” kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut, eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan, posisi pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 ditentukan pada bulan Juni ini. Sebab, pada April-Mei 2021, ia meyakini tingkat ekonomi akan melonjak karena dibandingkan April-Mei 2020—periode resesi. Artinya, kuartal II-2021 memiliki basis ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Sebelumnya, pemerintah telah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi berkisar antara 7,1 persen sampai 8,3 persen. Sementara sepanjang tahun 2021, pertumbuhan ekonomi berada di rentang 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen.

Baca Juga  Isi PP 14/2024 tentang THR dan Gaji ke-13 PNS-Pensiunan

“Kalau menurunkan Covid-19 harus melakukan pembatasan, maka proyeksi ekonomi akan terkoreksi. Ini trade off yang dihadapi pada bulan-bulan ini. Kita harap di kuartal II ini bisa di terjaga (target 7,1 hingga 8,3 persen) karena memang, komponen di kuartal II masih kuat terutama di bulan April dan Mei, baik karena koreksi dari tahun lalu yang base-nya rendah maupun seasonality lebaran, sehingga dukungannya cukup kuat,” jelasnya.

Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto mengatakan, melihat pemaparan dari pemerintah, tampak ada perbaikan perekonomian nasional kuartal I-2021 dan berpeluang berlanjut pada kuartal II-2021. Hal ini karena kerja sama antara pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan DPR.

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

“Kita terus mengawal, mengatasi Covid-19 ini dan pemulihan ekonomi nasional,” tutup Dito.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *