in ,

Ketahui Modal dan Kiat Sukses Usaha “Laundry”

Asumsi pendapatan per bulan, 

Perkiraan pendapatan per bulan yaitu 35 kg/hari (asumsi per kilo Rp 6 ribu) x 30 hari = Rp 6,3 juta.

Berikut kiat sukses untuk mencapai atau bahkan melebihi kisaran asumsi pendapatan itu:

1. Pilih lokasi yang strategis

Penting bagi Anda memilih lokasi usaha yang strategis. Namun, terlebih dahulu Anda harus membuat target sasaran. Misalnya, bila target sasaran adalah mahasiswa, maka pilih lokasi usaha dekat dengan kampus atau kos-kosan.

2. Tentukan harga setiap fitur layanan

Penentuan harga ini juga sangat erat kaitannya dengan target sasaran usaha Anda. Jika target sasaran usaha laundry adalah mahasiswa, maka Anda perlu menetapkan harga layanan laundry dengan harga yang terjangkau. Perhatikan pula setiap kelebihan dan kekurangan dari fitur layanan. Anda juga bisa membuat paket-paket layanan yang memberikan harga hemat untuk pelanggan.

Baca Juga  Sri Mulyani: Anggaran PON XX Papua Capai Rp 10,43 T

3. Konsisten waktu

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari bagi setiap individu. Maka dari itu, pastikan usaha laundry Anda selalu tepat waktu dalam menyelesaikan pesanan dari pelanggan.

4. Bangun bank data yang mumpuni

Bank data meliputi jumlah pakaian dan jenis pakaian yang dibawa oleh pelanggan —klasifikasi bahan pakaian. Tidak perlu menggunakan data supercanggih, data sederhana pun dapat membantu pengelolaan pakaian menjadi lebih mudah dan terkendali. Data jenis pakaian juga dapat membantu Anda untuk bisa lebih berhati-hati dalam menentukan cara dan teknik perawatan yang tepat. Anggaplah pakaian pelanggan berharga seperti pakaian sendiri.

5. Tingkatkan pelayanan dan berikan inovasi secara berkala

Pelayanan dapat terus meningkat bila bisnis laundry dapat mempertahankan kepercayaan pelanggan. Misalnya, Anda bisa menambah fitur antar jemput; menambahkan variasi pewangi yang antimainstream; atau perluas jasa laundry dari pakaian ke barang-barang lain, seperti karpet.

Baca Juga  Imbas Antigen Bekas, Erick Pecat Direksi Kimia Farma

6. Jangan lupa promosi

Setelah itu, jangan lupa promosi melalui media sosial. Bila ada bujet lebih, tidak ada salahnya menggunakan jasa iklan di Instagram atau Facebook.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0