in ,

Kementan Ekspor Komoditas Pertanian Lewat Pos Rp 33 M

Kementan Ekspor Komoditas Pertanian Lewat Pos Rp 33 M
FOTO: Dok. Kementan

Pajak.com, Bandung – Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan Kementerian Pertanian (Kementan) Junaidi melepas ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Jawa Barat senilai Rp 33,8 miliar melalui jasa pengiriman pos.

Menurutnya, Kementan melalui Badan Karantina Pertanian mencatat sebanyak 473 ragam komoditas pertanian telah dikirim ke-180 negara sepanjang tahun 2021. Komoditas tersebut terdiri dari 454 jenis komoditas tumbuhan yang meliputi kopi, buah merah, rempah-rempah, temulawak, kunyit, beras, cengkeh, tanaman hias dan lainnya. Selanjutnya terdapat 23 jenis komoditas hewan diantaranya daging sapi, sarang burung walet, bulu, kulit kambing, dan lainnya.

“Di masa pandemi, ekspor pertanian kita tetap berjalan dan bertumbuh, hal ini didorong oleh program pertanian baik on-farm maupun off-farm, serta kemudahan ekspor, salah satunya melalui jasa pengiriman pos,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com pada Sabtu (05/02).

Baca Juga  BPK Temukan Anggaran yang Belum Dilaporkan

Lebih lanjut Junaidi menyampaikan bahwa kini masyarakat awam dan pelaku bisnis dengan sangat mudah untuk memindahkan hewan, tumbuhan dan produknya dari satu area ke area lain melalui jasa layanan penyelenggara pos salah satunya adalah PT Pos Indonesia (Persero).

Ia pun menjelaskan bahwa dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan perkarantinaan pertanian khususnya di kantor pos, pihaknya telah menandatangani perjanjian kerja sama antara Badan Karantina Pertanian, Kementan dan PT Pos Indonesia.

“Saya berharap, momen pelepasan ekspor ini tidak hanya menambah semangat berkarya dan berproduksi bagi para petani, pekebun dan peternak di Provinsi Jawa Barat, namun juga bagi seluruh masyarakat agrobisnis di tanah air, potensi produk pertanian kita besar dan peluang pasar ekspor pertanian masih sangat terbuka,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0