in ,

Nilai Ekspor Pertanian Meningkat 33,04 Persen di Juni 2021

Nilai Ekspor Pertanian Meningkat 33,04 Persen di Juni 2021
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, nilai ekspor sektor pertanian pada Juni 2021 mengalami kenaikan sebesar 33,04 persen dibandingkan bulan sebelumnya atau sebesar 15,19 persen secara tahunan. Kenaikan terjadi setelah komoditas tanaman obat, aromatik, rempah, kopi, dan sarang burung walet memberi andil besar dalam ekspor selama periode ini.

Dengan kenaikan itu, maka ekspor nonmigas secara nasional menyumbang sebesar 93,36 persen dari total nilai ekspor Juni 2021 yang mencapai 18,55 miliar dollar AS atau naik sebesar 9,52 persen jika dibandingkan dengan ekspor pada bulan Mei 2021.

Guru Besar Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB) Muhammad Firdaus mengapresiasi pertumbuhan sektor pertanian yang meningkat secara berkelanjutan. Menurutnya, pertanian menjadi sebuah jawaban sekaligus harapan dalam membangkitkan ekonomi nasional.

Baca Juga  Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih Krakatau Steel

“Berita baik dari BPS ini menunjukkan bahwa sektor pertanian memang sektor yang menjadi tumpuan dan harapan untuk ekonomi kita tetap bisa bangkit pada saat pandemi COVID-19 ini. Di luar negeri produk-produk semacam sarang burung walet, rempah tanaman obat termasuk juga didalamnya kopi dan teh saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dunia. Dan produk itu hanya dimiliki oleh kekayaan alam di Indonesia,” jelas Firdaus melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, pada (19/7).

Adapun jika menilik perdagangan internasional, ia menilai bahwa sektor pertanian masih menguat seperti dalam kondisi normal. Hal ini sejalan dengan berbagai laporan dan data yang disampaikan organisasi internasional, seperti Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Trade Organization (WTO).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0