in ,

Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja

Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Ketika melamar pekerjaan, biasanya Anda bukan satu-satunya kandidat. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui cara membuat human resources development (HRD) terkesan saat wawancara. Hal ini penting agar peluang Anda diterima lebih besar. Berikut tips yang Pajak.com rangkum dari pelbagai sumber:

1. Tepat Waktu

Berikan kesan pertama yang baik. Jangan sampai keterlambatan Anda menjadi berpengaruh fatal terhadap penilaian. Sebab jika telat, kemungkinan Anda akan dinilai kurang menghargai perusahaan atau tidak cakap dalam bekerja.   

2. Lakukan riset mengenai perusahaan yang sedang dilamar

Sebelum datang wawancara, ada baiknya Anda melakukan riset kecil mengenai perusahaan. Paling tidak, Anda harus mengetahui tentang bisnis model perusahaan, siapa target konsumen, dan hal dasar lainnya. Pengetahuan itu akan cukup membuat HRD terkesan.

Baca Juga  Mandatori B30 Jadikan Indonesia Pionir Biodisel Dunia

3. Jangan memotong atau mendominasi pembicaraan
Berilah kesempatan HRD memberikan pertanyaan sampai selesai. Hindari memotong pembicaraan. Usahakan untuk bersikap adaptif, termasuk dalam membawa alur pembicaraan saat interview kerja.

Selain itu, sebisa mungkin menatap langsung HRD ketika wawancara dan hindari melakukan gerakan yang tidak penting, seperti menggoyangkan kaki atau kursi.

4. Sebaiknya pilih posisi pekerjaan sesuai bidang keahlian atau pengalaman

Usahakan memilih pekerjaan pada bidang yang sama dengan sebelumnya. Pihak HRD atau perusahaan akan melihat poin ini sebagai satu nilai tambah. Anda bisa menggunakan pengalaman kerja sebelumnya untuk meningkatkan posisi tawar.

Jika Anda seorang fresh graduates atau belum memiliki pengalaman kerja, jangan khawatir. Anda bisa membuat resume rencana kerja dalam blog atau tulisan untuk dijadikan sebagai portofolio.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0