in ,

Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja

5. Jangan merasa paling pintar
Meskipun sudah berpengalaman, jangan menunjukkan sikap over confidence karena dapat memengaruhi penilaian. Anda harus membangun image atau persepsi yang baik. Jangan sampai Anda dinilai sebagai orang dominan sehingga sulit bekerja dalam tim.

Berdasarkan riset A. Sterview dari platform pencarian kerja Resume-Library, kepribadian pelamar kerja memengaruhi 70 persen penilaian perusahaan, bersamaan dengan keterampilan dan pengalaman. Sementara pendidikan hanya memengaruhi 18 persen.

6. Komunikasi dengan tenang dan fokus

Biasanya, HRD akan meminta Anda untuk mendeskripsikan kepribadian. Selain ingin mengetahui karakter, perusahaan juga ingin mengukur kemampuan berkomunikasi Anda. Jadi, sebisa mungkin jawab dengan tenang agar tidak terbata-bata dan fokus.

Baca Juga  LBP: Wujudkan Kemandirian Nasional, Kurangi Impor APD

7. Sebut gaji dengan jujur

Kerap kali HRD akan menanyakan tentang gaji di kantor sebelumnya dan ekspektasi gaji yang Anda inginkan. Memang pertanyaan ini akan membuat bingung. Namun, percayalah, kejujuran adalah hal terbaik. Hindari berbohong soal gajimu saat ini. Hati-hati, karena biasanya HRD memiliki jaringan yang luas—bisa saja HRD bertanya langsung ke kantor Anda sebelumnya. Bila HRD mengetahui Anda berbohong, ini bakal sangat berisiko.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *