in ,

Kemenkop Dukung UMKM Masuk Ekosistem Digital

Kemenkop Dukung BRI Dorong UMKM Masuk Ekosistem Digital melalui Program BRIncubator
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah akan fokus mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) masuk dalam ekosistem digital. Upaya itu salah satunya dilakukan bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui program BRIncubator UMKM Brilian.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, optimalisasi pemanfaatan teknologi adalah jalan keluar bagi UMKM di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Terpuruknya UMKM merupakan imbas dari pelemahan ekonomi di berbagai sektor. Konsumsi rumah tangga (makanan dan minuman) terkontraksi 1,39 persen sepanjang tahun 2020. Sedangkan penyedia restoran dan hotel mengalami kontraksi sebesar 7,98 persen.

“Namun, kita harus terus optimistis berbagai survei menunjukkan adanya indikasi perbaikan belanja masyarakat di awal 2021. UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi,” kata Teten, saat membuka secara virtual pada kegiatan BRIncubator UMKM Brilian yang diselenggarakan PT Ucoach Djivasrana Grahasada, pada Senin (19/4).

Baca Juga  Pertamina NRE Kembangkan PLTS di Sumatera Utara

Secara global, penjualan daring sangat potensial. Hasil survei World Bank 2021 mengungkapkan, dari 59,2 persen responden bermata pencaharian wiraswasta,74,1 persen mengandalkan penjualan on-line sebagai pendapatan utama. Namun, 51 persen di antaranya adalah reseller.

“Hal ini menjadi fokus kita bagaimana meningkatkan UMKM produsen dalam ekosistem digital,” ujar Teten.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0