in ,

Kemendag Fasilitasi Anak Muda Kembangkan Game Lokal

Saat ini sudah ada upaya lintas kementerian yang serius untuk mendukung pengembangan game lokal. Di sektor produksi, ada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud).

Sementara Kemendag akan fokus pada fasilitasi perdagangannya melalui Direktorat Bina Usaha. Jerry juga mengaku sudah berkoordinasi dengan kementerian pemuda dan olahraga serta Komite Olahraga Nasional (KONI) agar makin banyak yang menggunakan game lokal.

“Anak-anak muda Indonesia penuh dengan talenta untuk bisa memproduksi game yang berkualitas. Jika ini terjadi maka hasil akhirnya sangat menguntungkan ekonomi Indonesia. Ada pajak yang masuk ke negara, ada lapangan kerja yang tercipta, ada industri perbankan dan nonperbankan yang bergerak dan ada banyak industri turunan yang akan terpicu juga. Jadi multiplier effect-nya jelas, bukan hanya ke bawah tetapi juga ke samping dan ke segala arah,” kata Jerry.

Baca Juga  Realisasi Anggaran KKP Tahun 2021 Capai 98,88 Persen

Ia menambahkan, industri game adalah salah satu industri digital yang makin berkembang dan muncul di Indonesia. Ke depan, banyak pihak meyakini bahwa industri ini akan menjadi salah satu pilar dalam transformasi ekonomi. Negara yang berhasil mengembangkan industri game lokal yang bernilai miliaran dollar, antara lain Korea Selatan, Jepang, dan China.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

195 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *