in ,

Jokowi Resmikan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat Papua

jokowi resmikan bandara ewer
FOTO: IST

Jokowi Resmikan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat Papua

Pajak.com, Papua – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara (Bandara) Ewer, di Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Jokowi menegaskan, kehadiran Bandara Ewer sangat penting karena menyangkut konektivitas dan keterhubungan antar-wilayah di Papua, sehingga akan meningkatkan perekonomian daerah.

“Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Bandara Ewer di Kabupaten Asmat Provinsi Papua Selatan yang telah dibangun, hari ini (mulai 7 Juli 2023) siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat. Ini akan mempercepat mobilitas orang, barang, dan akan membuka isolasi serta mempercepat kiriman-kiriman logistik,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (8/7).

Ia mengatakan, Bandara Ewer setiap minggunya bakal melayani penerbangan dari wilayah lain di Papua, yakni dua kali penerbangan dari Timika dan empat kali penerbangan dari Merauke.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

“Ini akan membuat wisata Asmat semakin meningkat. Dan kita ingin dengan selesainya Bandara Ewer ini, Asmat akan semakin berkembang dan maju. Dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat di Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan meningkat,” harap Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimitistis, Bandara Ewer akan mendongkrak aktivitas pariwisata di sekitar kawasan Papua Selatan.

“Kita meresmikan terminal Bandara Ewer di Asmat. Oleh karenanya, saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang berkenan untuk membangun terminal bandara yang bersifat etnik dan tentu ini jadi salah satu tujuan wisata. Pembangunan Bandara Ewer juga diharapkan mampu membangkitkan perekonomian di Kabupaten Asmat serta memudahkan aktivitas masyarakat,” ujar Budi Karya.

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

Ia memastikan, infrastruktur Bandara Ewer cukup memadai untuk pendaratan pesawat jenis avions de transport regional (ATR) dengan panjang runway mencapai 1.650 meter. Terminal penumpang bandara ini memiliki luas 488 meter persegi dan dapat menampung hingga 14 ribu penumpang per tahun.

“Bandara Ewer ini menjadi titik sentral dan titik logistik yang strategis untuk melayani penerbangan masyarakat dari berbagai daerah di Papua Selatan. Kami sudah berdiskusi dengan gubernur dan bupati bahwa ini membantu masyarakat dan kita memang ada beberapa masukan yang harus kita lakukan,” ungkap Budi Karya.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI, Polri, serta pemerintah daerah yang telah mendukung pembangunan bandara.

“Merupakan kebanggaan bagi kami insan transportasi dan kepada masyarakat di sekitar Bandara Ewer dan kami bisa melaksanakan tugas Indonesia sentris yang bukan saja dikatakan tapi kita realisasi,” tambah Budi Karya.

Baca Juga  KADIN Optimistis Hasil Putusan MK Beri Kepastian bagi Dunia Usaha

Peresmian Bandara Ewer juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadia, dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *