in ,

Jokowi Luncurkan Gerakan Cinta Zakat

Tak lupa, Jokowi pun mengimbau kepada seluruh pejabat negara, pejabat BUMN, pelaku usaha, dan kepala daerah untuk menunaikan zakat melalui amil zakat resmi.

Sejalan dengan itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Noor Achmad melaporkan beberapa pengelolaan dan pendistribusian zakat yang dilakukan oleh Baznas baik untuk penanggulangan bencana, maupun pemberdayaan ekonomi. Untuk penanggulangan bencana, Noor menyampaikan, Baznas telah memberi bantuan langsung baik secara nasional dan provinsi, bekerja sama dengan gubernur di masing-masing daerah.

“Khusus untuk bencana di Nusa Tenggara Timur, Baznas seluruh Indonesia telah mengumpulkan bantuan sejumlah Rp 1,5 miliar secara langsung dan akan segera disalurkan,” ucapnya.

Sementara dalam menghadapi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional telah menginisiasi tiga program pendistribusian yaitu program darurat kesehatan, program darurat sosial-ekonomi, dan program berkelanjutan. Noor menyebut, hingga akhir tahun 2020 Baznas dan organisasi penyalur zakat di seluruh Indonesia telah mendistribusikan dana lebih dari Rp 722 miliar dengan total penerima manfaat mencapai 5,6 juta jiwa.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Adapun rinciannya yakni sebesar Rp 115 miliar disalurkan untuk program darurat kesehatan, sementara Rp 607 miliar untuk program darurat sosial ekonomi termasuk pemberdayaan umat.

Sementara di bidang pendidikan, Noor menyebut bahwa Baznas telah memberikan beasiswa untuk ratusan siswa dan beasiswa afirmasi, dan juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa S3 dalam menyelesaikan pendidikan di dalam dan luar negeri.

Ditulis oleh

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *