in ,

Jokowi Lepas Ekspor Pertanian ke 61 Negara

Sekali lagi, Jokowi mengapresiasi kinerja sektor pertanian. Beberapa produk yang sudah mulai dikembangkan selama pandemi, antara lain ekspor beras ke Saudi Arabia. Ia mendukung para petani untuk mengekspor beras, namun kementerian pertanian harus memastikan terlebih dahulu pemenuhan stok kebutuhan beras dalam negeri. Kalkulasi stok beras pun harus akurat.

“Saya juga minta kepada wali kota, bupati, dan gubernur, untuk menggali potensi ekspor di daerahnya masing-masing. Segera garap pertanian potensial untuk dikembangkan. Perkuat petani dengan akses permodalan, inovasi teknologi, dan pendampingan. Saya sudah banyak bicara dengan dirut-dirut (direktur utama) perbankan agar pertanian mendapatkan perhatian khusus. Ini ada pasar yang besar untuk kita masuki, tapi ekspor pun jangan mentah—bentuk umbi-umbian. Paling tidak sudah ada bentuk, tercacah, atau syukur-syukur barang jadi. Target kita memang hilirisasi,” jelas Jokowi.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

Ia juga minta agar kepala daerah bisa menghubungkan komoditas pertanian dengan supply chain nasional maupun global, sehingga petani atau pelaku usaha pertanian mudah melakukan ekspor. Jika itu terlaksana, Jokowi optimistis Indonesia akan menjadi pusat produksi pertanian yang berorientasi ekspor di dunia.

Di sisi lain, ia pun mengingatkan, sektor pertanian jangan hanya fokus pada produksi, kuasai pula teknologi untuk meningkatkan nilai tambah.

“Saat ini dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, baru 293 kabupaten/kota yang memiliki sentra komoditas pertanian unggulan ekspor, baik itu produk sawit, karet, kopi, dan beberapa komoditas lain yang diminati pasar global. Masih banyak komoditas pertanian yang masih bisa dikembangkan, ada sarang burung walet, porang, minyak aksiri, bunga melati, tanaman hias, dan produk lainnya,” sebut Jokowi.

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *