in ,

Industri Kreatif Tumbuh Bersama Ekonomi Indonesia

Industri Kreatif Tumbuh Bersama Ekonomi Indonesia
FOTO: Joko Widodo

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap industri kreatif tumbuh bersama ekonomi Indonesia. Hal itu ia katakan dalam peluncuran Kampanye Beli Kreatif Danau Toba, secara virtual, Sabtu siang (20/2).

Kampanye Beli Kreatif Danau Toba merupakan tindak lanjut dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Jokowi mengatakan, berkat gerakan itu lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa memperluas pasar hingga mancanegara melalui aplikasi digital.

“Tahun ini Gernas BBI akan fokus mengangkat potensi daerah. Waktunya ekonomi Indonesia tumbuh bersama industri kreatif. Dengan bangga saya meluncurkan Kampanye Beli Kreatif Danau Toba,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Danau Toba merupakan destinasi pariwisata super prioritas dan memiliki potensi yang sangat layak dikembangkan. Para pelaku kreatif dan UMKM di Danau Toba sudah sangat dikenal dengan produk ulos atau Kopi Sidikalang. Belum lagi pesona kawasan danau vulkanik menjadi daya pikat tersendiri bagi Danau Toba.

Baca Juga  Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN 17 Agustus 2024

“Paduan pariwisata dan hasil ekonomi kreatif yang layak digaungkan ke nusantara hingga dan diharapkan akan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat industri digital,” ujarnya.

Untuk itu, Jokowi juga meluncurkan aplikasi Jaringan Pariwisata atau JP Hub. Aplikasi ini akan menjadi pintu pengetahuan, pencarian, pemesanan destinasi tingkat provinsi hingga desa—lengkap dengan atraksi wisatanya.

Acara peluncuran dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menkominfo Johnny G Plate.

Ditulis oleh

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *