in ,

Unreal Engine, Penerapan pada Webinar

Unreal Engine, Penerapan pada Webinar
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kemajuan teknologi telah membuat hal yang sepertinya mustahil menjadi mungkin. Salah satunya adalah teknologi Computer-Generated Imagery (CGI) atau pencitraan hasil komputer untuk merekayasa lingkungan virtual. Sistem ini menggunakan grafik komputer berbasis grafis tiga dimensi (3D) dalam efek spesial. CGI biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan film, game, video klip, webinar, dan virtual studio dalam siaran media massa elektronik, untuk membangun studio virtual dalam siaran langsung berita, wawancara dan sebagainya.

Teknologi berbasis CGI yang terbaru adalah grafis 3D besutan Unreal Engine (UE). UE adalah sebuah aplikasi pengembangan permainan (game engine) yang dikembangkan oleh Epic Games. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dengan permainan bergenre first-person shooter. Walaupun utamanya dikembangkan untuk gim first-person shooters, tapi UE juga bisa digunakan untuk membuat gim bergenre yang lain seperti permainan bersembunyi (stealth), permainan pertempuran (fighting games), permainan peran (RPG), hingga permainan RPG yang dimainkan secara beramai-ramai (MMORPG).

Baca Juga  Robert Pakpahan, dan Roda Reformasi Perpajakan

Cara kerja Unreal Engine adalah dengan membangun lingkungan virtual (computer-generated), kemudian pemandangan tersebut diproyeksikan ke dinding LED. Berdasarkan posisi kamera dan jenis lensa yang digunakan, perspektif pada hasil proyeksi dapat berubah secara natural dan otomatis. Dengan demikian, teknologi ini dapat memberikan informasi visual langsung untuk para aktor atau subjek, serta menyediakan sistem pencahayaan akurat bagi tim visual efek (VFX).

Di masa pandemi ini, ketika aktivitas interaksi terbatas, teknologi Unreal Engine juga bisa menjadi solusi untuk acara-acara berbasis siaran langsung yang tidak memungkinkan mengundang kerumunan massa. Misalnya, webinar, diskusi grup, ataupun acara seremonial penghargaan, bahkan acara kenegaraan.

Di Indonesia, teknologi ini sangat menjanjikan peluang inovasi di bidang seni hiburan maupun media massa elektronik. Yang berikutnya adalah siaran langsung webinar pajak virtual TaxPrime bertajuk IMPLIKASI PANDEMI COVID-19 TERHADAP DOKUMENTASI HARGA TRANSFER, POTENSI DAN PENCEGAHAN SENGKETA pada 25 Februari 2021 di Youtube Channel TaxPrime.

Baca Juga  Mekar Satria Utama, Diskusi Melahirkan Solusi

Berkat lingkungan virtual yang diciptakan, webinar pajak tersebut terlihat sangat nyata meskipun sesungguhnya lingkungan yang tampil hanyalah citra tiga dimensi yang dibuat menggunakan Unreal Engine.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0