in ,

Indonesia Luncurkan Mekanisme Transisi Energi

Indonesia Luncurkan Mekanisme Transisi Energi
Foto: KLI Kemenkeu

Pajak.com, Bali – Pemerintah Indonesia dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bersinergi dengan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) meluncurkan country platform untuk Mekanisme Transisi Energi (Energy Transition Mechanism/ETM). Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu menegaskan, peluncuran ETM ini merupakan bukti komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim.

“Peluncuran ini sangat tepat, khususnya pada awal pertemuan Presidensi G20 Indonesia. Ini merupakan momentum penting untuk mendorong seluruh anggota dan negara lain untuk menjalankan komitmen pembiayaan iklim mereka dengan inisiatif yang nyata dan dapat diimplementasikan,” kata Febrio dalam Soft Launching of Indonesia’s ETM Country Platform, Sustainable Finance for Climate Transition Roundtable, sebagai bagian dari rangkaian side events Pertemuan Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 Ketiga 2022, (15/7).

Baca Juga  BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 3,5 persen

Ia mengungkapkan, Indonesia dan ADB telah melakukan kerja sama peluncuran ETM Indonesia mulai November 2021. Sejak saat itu, Indonesia mengembangkan desain implementasi ETM yang efektif dan terukur. Secara simultan, Indonesia juga telah sepakat untuk menetapkan serangkaian tujuan dan milestone yang harus dicapai oleh para pemangku kepentingan menuju Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia dan Climate Change Conference (COP) ke-27 di Mesir mendatang.

“Indonesia memberikan prioritas pada transisi energi menuju energi yang lebih bersih. Namun dalam transisi ini Indonesia perlu memastikan bahwa perekonomian dapat terus tumbuh dan memerlukan lebih banyak energi dan listrik, tetapi pada saat yang sama harus mengurangi emisi,” ujar Febrio.

Baca Juga  Menteri BUMN Angkat 3 Komisaris Baru Pertamina

Ia menjelaskan, dibutuhkan kombinasi dari upaya pensiun dini (early retirement) pembangkit listrik tenaga batu bara dan secara bersamaan melakukan pengembangan energi terbarukan. Early retirement akan dilaksanakan secara terukur dan bertahap dalam jangka menengah dan panjang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0