in ,

Indonesia Luncurkan Mekanisme Transisi Energi

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, Indonesia memanfaatkan Presidensi G20 sebagai momentum untuk membicarakan perubahan iklim dan berupaya menuju transisi melalui penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

“Isu perubahan iklim bukan hanya masalah Indonesia. Kami juga berdiskusi dengan negara-negara anggota G20 melalui G20 Sustainable Finance Working Group dan juga dengan UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) melalui COP-26, banyak negara juga memberikan komitmen mereka untuk mengurangi CO2,” kata Sri Mulyani.

Ia menyebutkan, bahkan Indonesia mulai memperkenalkan mengenai carbon market yang merupakan skema perdagangan karbon yang dirancang untuk mengurangi emisi CO2.

“Dengan prinsip cap and trade, maka diharapkan pengendalian dari emisi CO2 dapat dilakukan sehingga linier dengan upaya pengurangannya. Namun demikian, di level global hal ini masih terus dibahas termasuk mengenai penetapan harga karbon. Upaya pengurangan (emisi) juga telah dilakukan Indonesia melalui pengesahan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang didalamnya diatur mengenai pajak karbon,” ungkap Sri Mulyani.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *