in ,

Indonesia Luncurkan Mekanisme Transisi Energi

“Pemerintah memastikan bahwa transisi ini tetap terjangkau (affordable) bagi masyarakat, dunia usaha, dan juga bagi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara),” jelas Febrio.

Dengan demikian, Indonesia optimistis ETM ini merupakan rencana ambisius yang dapat mendorong peningkatan infrastruktur energi dan mempercepat transisi energi menuju emisi nol bersih dengan cara yang adil dan terjangkau di 2060 atau dipercepat.

Febrio menjelaskan, ETM terdiri dari dua skema. Pertama, skema fasilitas pengurangan emisi (carbon reduction facility/CRF) yang digunakan untuk memensiunkan pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU) di Indonesia. Kedua, skema fasilitas energi bersih (clean energy facility/CEF) ditujukan untuk mengembangkan atau menginvestasikan pembangunan fasilitas energi hijau. Mekanisme ini diharapkan menjadi solusi bersama bagi masyarakat, investor, perekonomian daerah, dan lingkungan.

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

Untuk sampai pada level implementasi, pengaturan dalam mekanisme itu harus didefinisikan dengan baik, termasuk lembaga yang berpartisipasi, instrumen pembiayaan, tantangan, dan manfaat atau kerugian keuangan dan ekonomi yang diharapkan.

“Terkait hal ini country platform mengakomodasi pendekatan holistik yang dibutuhkan untuk implementasi ETM. Country platform ETM akan menjadi salah satu deliverable nyata dalam Presidensi G20 Indonesia. Indonesia akan terus berupaya untuk menjadi contoh bagi negara lain dan berharap agar komitmen yang sama dapat diimplementasikan oleh negara dan mitra pembangunan lain di kawasan dan global,” ujar Febrio.

Ditulis oleh

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *