in ,

Indonesia Dorong Negara Asia Pasifik Berdayakan UMKM

Oleh karena itu, Indonesia mendorong peningkatan pemberdayaan UMKM untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi yang inklusif di Asia Pasifik.

“Digitalisasi UMKM di kawasan Asia Pasifik dibutuhkan dan memerlukan percepatan yang didukung dengan pembangunan infrastruktur digital, perluasan konektivitas digital secara inklusif, dan peningkatan literasi digital pelaku UMKM,” jelas Johnny.

Selain itu, Indonesia mendorong penanganan perubahan iklim menjadi prioritas kedua di Asia Pasifik.

“Presiden menekankan, penanganan dampak perubahan iklim harus dilakukan secara berimbang dengan pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat untuk memenuhi target pembangunan berkelanjutan. Konservasi hutan dan kekayaan laut, serta transformasi menuju energi baru dan terbarukan harus mensejahterakan masyarakat bawah. Transisi menuju ekonomi rendah karbon harus dilakukan secara adil dan kolaboratif,” jelas Johnny.

Baca Juga  Foxconn Akan Bangun Industri Baterai di Indonesia

Dengan demikian, dukungan pendanaan dan alih teknologi ramah lingkungan sangat diperlukan untuk mendukung berbagai aksi mitigasi perubahan iklim di negara berkembang. Johnny menekankan bahwa Indonesia menempatkan investasi industri berkelanjutan dan hijau sebagai salah satu prioritas teratas. Proyek prioritas Indonesia, antara lain mencakup pembangunan kawasan industri hijau, pembangunan rantai pasok industri baterai, mobil listrik, serta perdagangan karbon yang sangat besar potensinya.

“Dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan Indonesia maka Presiden Joko Widodo mengundang para investor dan pelaku usaha dari kawasan APEC untuk meningkatkan sinergi dan memanfaatkan peluang besar yang ada di Indonesia. Potensi yang sangat besar baik dari sumber daya alam maupun manusia ada di Indonesia. Dengan pemanfaatan yang strategis dan bijaksana diharapkan hal ini dapat memberikan manfaat optimal bagi bangsa kita maupun warga dunia, dengan tetap mengedepankan faktor ramah lingkungan dan berkelanjutan,” jelas Johnny.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *