in ,

Indonesia dan Jepang Sepakat Akselerasi Transisi Energi

Indonesia dan Jepang Sepakat Akselerasi Transisi Energi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia dan Jepang sepakat jalin kerja sama untuk mengakselerasi transisi energi. Komitmen itu dituangkan dalam penandatanganan memorandum of cooperation (MoC) oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bersama Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Hagiuda Koichi.

“Terima kasih atas inisiatif terlaksananya kerja sama dan penandatangan MoC. Ini tentu saja upaya yang luar biasa dari pihak Jepang. Program transisi energi di Indonesia perlu mendapatkan dukungan mitra internasional agar bisa mencapai target netralitas karbon pada 2060,” kata Arifin usai penandatangan MoC, di Jakarta, Senin (10/1).

Ia menuturkan, Indonesia akan terus berupaya mengundang partisipasi investor agar bisa mencapai target itu. Pemerintah memastikan, iklim investasi Indonesia saat ini semakin baik dengan disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Beberapa perangkat kebijakan yang kami lakukan adalah memberikan kemudahan berbisnis dan menyiapkan rancangan peraturan menteri ESDM terkait tarif energi baru terbarukan,” kata Arifin.

Ia mengakui, sektor energi akan menghadapi tantangan besar di masa depan karena ada kecenderungan peningkatan ketergantungan energi fosil. Oleh sebab itu, kerja sama bilateral ini diyakini mampu menjadi proses alih teknologi demi mewujudkan percepatan transisi energi.

“Indonesia dan Jepang bisa mengembangkan bersama-sama teknologi CCUS (carbon capture, utilization, and storage) dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia,” kata Arifin.

Ditulis oleh

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *