in ,

Hannover Messe Kuatkan Indonesia di Ekonomi Dunia

Presiden RI Joko Widodo Hannover Messe Kuatkan Posisi Indonesia di Ekonomi Dunia
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Angela Merkel meresmikan pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, secara virtual, Senin malam waktu Jakarta (12/04). Peresmian yang dilakukan oleh kedua pemimpin ini menandakan dimulainya pameran terbesar dunia untuk teknologi industri, yang telah berjalan selama lebih dari 72 tahun.

Dalam pameran yang berlangsung secara digital ini, Indonesia bertindak sebagai negara mitra (official partner country) sekaligus menjadi satu-satunya negara ASEAN yang pernah mendapat kehormatan tersebut. Hal ini tentu akan mendukung upaya penjenamaan (branding) negara atas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pelaku manufaktur global.

Jokowi mengatakan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga  Rekomendasi Belanja Produk Lokal, M Bloc Market Aja!

“Di masa pandemi, transformasi teknologi khususnya teknologi digital semakin penting. Transformasi teknologi yang menciptakan momentum, bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi, namun sekaligus melakukan lompatan besar ke depan,” ucapnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan, saat ini perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara. Indonesia memiliki sekitar 2.193 perusahaan rintisan atau yang kelima terbesar di dunia, 5 rintisan unicorn, bahkan 1 rintisan decacorn.