in ,

Hannover Messe Kuatkan Indonesia di Ekonomi Dunia

Menjelang satu abad kemerdekaan pada tahun 2045 mendatang, Indonesia juga bersiap mewujudkan visi Indonesia Emas melalui industri 4.0. Di tahun itu, kontribusi industri 4.0 Indonesia pada produk domestik bruto (PDB) diperkirakan mencapai 133 miliar dollar AS.

“Dengan didukung oleh 185 juta penduduk yang telah terhubung layanan internet, atau terbesar keempat dunia, kemajuan industri tersebut akan mengantarkan Indonesia menuju sepuluh besar kekuatan ekonomi global di tahun 2030 mendatang,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, Jokowi juga memaparkan tentang tiga hal utama yang akan jadi kekuatan dan fokus Indonesia dalam mewujudkan pengembangan industri 4.0.

Pertama, penguatan SDM Indonesia. Dalam hal ini, Jokowi mengajak Jerman untuk mendukung penguatan SDM Indonesia melalui melalui pendidikan vokasi, penguatan riset, dan penguatan universitas berbasis teknologi.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Kedua, penciptaan iklim investasi yang mendukung pengembangan industri 4.0. Pembenahan iklim investasi ini, ujar Jokowi, membutuhkan reformasi struktural. Salah satunya, melalui Undang-Undang Cipta Kerja yang akan mempermudah izin usaha, memberikan kepastian hukum, dan memberikan insentif bagi pelaku ekonomi digital.

Ketiga, investasi pada pembangunan hijau yang menurut World Economic Forum memiliki potensi bisnis sebesar 10,1 triliun dollar AS dengan peluang pembukaan 395 juta lapangan kerja baru hingga 2030 mendatang.

Ditulis oleh

Baca Juga  Bahaya Fenomena Otak Popcorn: Gejala, Dampak, dan Cara Mengobatinya

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *