in ,

Geopolitik Rusia – Ukraina Picu Kenaikan Harga Komoditas

“Pilihan kebijakan bagi Indonesia yang pasti, pertama adalah kita harus melindungi masyarakat dari goncangan lainnya pascapandemi. Kedua, terus mendukung pemulihan ekonomi terutama dari sisi bisnis dan produksi. Namun, ketiga, kita harus terus menjaga kesehatan fiscal tools kita agar berkelanjutan dan terus menciptakan stabilitas,” jelas Sri Mulyani.

Salah satu implementasi pada kebijakan pertama, yakni memberikan pelbagai bantuan sosial (bansos), yang terdiri dari subsidi langsung untuk penerima program Kartu Sembako sebanyak 18,8 juta orang, ditambah 2 juta penerima program Keluarga Harapan (PKH). Kemudian, bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk tiga bulan kepada 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) atau pemilik warung dan keluarga miskin. Selanjutnya, melanjutkan program BLT dana desa. Selain itu, demi membantu dan menjaga daya beli para pekerja berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta, ada program Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

Secara simultan, Direktur Pelaksana Bank Dunia periode 2014–2016 ini juga menekankan pentingnya memperkuat kerja sama regional dalam menghadapi situasi global yang menantang. Menurut Sri Mulyani, ASEAN harus menjadi role model, bahwa kerja sama dapat terus dilanjutkan untuk melindungi kinerja ekonomi regional di situasi tersulit sekalipun. Selain itu, ASEAN harus tetap kompak dalam melindungi masyarakat dan dunia usaha dari goncangan pandemi COVID-19 serta kenaikan harga komoditas.

“Saya sangat menghargai kerja sama yang kuat dan berkelanjutan dari ASEAN, dan kami berharap semangat kerja sama seperti ini akan terus berlanjut. Menjadi simbol yang sangat penting dari organisasi ASEAN,” harap Sri Mulyani.

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *