in ,

Fakta-Fakta Unik Tentang Bitcoin

Dibawa sampai ke luar angkasa

Pada 2016 lalu dikabarkan, Genesis Mining, salah satu penyedia jasa cloud mining yang populer di dunia mengirimkan sebuah koin fisik Bitcoin dengan menyematkan sebuah dompet kertas (paper wallet). Kemudian, koin ini diterbangkan ke angkasa dengan menggunakan balon cuaca. Sesaat setelah ia mencapai ketinggian 20 kilometer, tim yang ada di darat mengirim transaksi ke alamat dalam paper wallet tersebut, yakni 1MoonKQMvcajtaZB14Qfr8vCv9dr6Q8WEW. Balon cuaca ini diluncurkan dari suatu tempat di Inggris dengan sebuah kamera GoPro yang disematkan untuk melacak perjalanannya. Kini koin fisik Bitcoin itu dikabarkan telah memasuki ketinggian maksimum yakni 34 kilometer di atas permukaan laut.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Transaksi tidak bisa dibatalkan

Sebelum melakukan transaksi dengan Bitcoin, pastikan memeriksa ulang secara saksama. Pasalnya, begitu aset digital itu dikirim maka transaksi tersebut tidak bisa lagi dibatalkan. Ini berbeda dengan metode pembayaran konvensional yang bisa ditelusuri dan dibatalkan dalam situasi tertentu.

Tersusun dari 31.000 kode

Masih penasaran dengan wujud Bitcoin? Untuk melihat wujud fisiknya jelas tak mungkin. Gambar-gambar yang beredar selama ini pun tak lebih dari sekadar ilustrasi. Sebab, Bitcoin bukanlah uang kertas maupun logam. Di beberapa negara, Bitcoin dianggap sebagai mata uang digital. Aset ini hanya terbuat dari rangkaian kode. Pada 3 Januari 2009, entitas yang disebut Satoshi Nakamoto itu merilis 31.000 baris kode pemrograman yang ia perkenalkan sebagai Bitcoin. Dengan menggunakan sistem serupa, kelahiran Bitcoin diikuti oleh kehadiran 50 Bitcoin pertama di dunia, yang lalu disebut “Genesis Block”.

Baca Juga  Airlangga Ungkap Dampak Eskalasi Konflik Iran - Israel bagi Perekonomian Nasional

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *