in ,

Erick Thohir: Indonesia Mulai Kuasai Pasar Kopi di Mesir

Erick Thohir: Indonesia Mulai Kuasai Pasar Kopi di Mesir
FOTO: IST

Pajak.com, Lampung – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, Indonesia mulai menguasai pasar kopi di Republik Arab Mesir (Mesir). Hal itu ditandai dengan pelepasan ekspor kopi perdana di tahun 2022 dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PT PPI sebanyak 130 ton ke Mesir, di Lampung, (30/1). Berdasarkan kontrak yang ditandatangani awal Januari 2022, PPI secara reguler akan terus mengeskpor kopi ke Mesir hingga 3.000 ton sampai akhir 2022. Sementara sepanjang tahun 2021, Indonesia telah mengekspor 600 ton kopi ke negeri piramida itu.

“Indonesia merupakan negara pengekspor kopi ke Mesir terbesar di dunia. Untuk itu, kerja sama bilateral ini merupakan salah satu langkah untuk membangun kekuatan ekonomi di wilayah masing-masing yang dapat memperluas akses pasar produk Indonesia lainnya menuju Afrika, Eropa, dan Timur Tengah,” kata Erick dalam Kick Off dan Peluncuran PMO Kopi Nusantara serta Pelepasan Ekspor Kopi Perdana PT PPI 2022 yang disiarkan secara virtual.

Baca Juga  Pemerintah Luncurkan Dana Abadi Khusus Kebudayaan

Ia memastikan, Kementerian BUMN saat ini tengah membangun ekosistem untuk mendukung perkembangan produksi kopi di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan petani kopi, mengingat 96 persen produksi kopi dilakukan oleh para petani asli.

“BUMN merupakan kapal induk besar yang menyatukan semua pihak untuk membangun keseimbangan ekonomi, mendukung pertumbuhan bisnis untuk semua dan menyejahterakan masyarakat. Karena itu, kita berani untuk membangun suatu ekosistem bernama Ekosistem Makmur, yang sudah berjalan itu kemarin padi, jagung, dan tebu, dan sekarang kopi, nanti sebentar lagi ada teh,” ungkap Erick.

Ia menilai, Ekosistem Makmur membutuhkan dukungan semua pihak, baik pemerintah daerah, kementerian/lembaga, swasta, dan kedutaan besar. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia Maju, Indonesia Makmur, dan Indonesia Mendunia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0