in ,

Erick Thohir: Indonesia Mulai Kuasai Pasar Kopi di Mesir

Ia juga mengungkap, pertumbuhan konsumsi kopi Indonesia salah satu yang tertinggi di dunia hingga 45 persen jika dibandingkan negara-negara lain yang hanya 26 persen.

“Industri kopi juga merupakan salah satu penggerak ekonomi nasional. Kopi nasional tentu dapat menggeser brand besar dunia dan mampu menggerakkan UMKM (usaha mikro kecil menengah) dan koperasi, baik di hulu dan hilir. Ekosistem kopi juga membuat harga kopi menjadi kompetitif, baik di kalangan petani hingga pelaku UMKM. Harga tersebut akan menjadi pendorong utama bisnis kopi dalam negeri di pasar internasional, utamanya saat ini di Mesir,” kata Dwi.

Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf mengakui, antusiasme warga Mesir terhadap kopi Indonesia terus meningkat. Hal ini terlihat dari lonjakan ekspor kopi Indonesia ke Mesir sebanyak 58 persen atau senilai 50,20 juta dollar AS pada periode Januari hingga November 2021.

Baca Juga  Sri Mulyani dan Presiden ADB Bahas Kerja Sama Pemensiunan Dini Pembangkit Listrik Batu Bara

“Alhamdulillah (pasar kopi Mesir) sudah dikuasai oleh kopi-kopi dari Indonesia. Kami optimistis jumlah ekspor kopi Indonesia ke Mesir akan terus meningkat. Diperkirakan konsumsi kopi Indonesia di Mesir di atas 65 ribu 65 ribu metrik ton,” ungkapnya.

Kendati demikian, Lutfi mengingatkan agar produsen kopi Indonesia tetap menjaga kualitas dan ketersediaan pasokan, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar kopi di Mesir.

“Tantangan ke depan tetap harus jaga kualitas produk, keberlanjutan suplai, dan persaingan harga. Karena Vietnam, Brasil, dan Kolombia juga tentu akan berusaha keras,” tambahnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *