in ,

Erick Thohir: Indonesia Mulai Kuasai Pasar Kopi di Mesir

Untuk itu, Erick meresmikan pembentukan project management office (PMO) Kopi Nusantara guna memperkuat ekosistem di sektor ini. PMO ini diharapkan mampu membuat Indonesia bersaing di kancah dunia, mengingat Indonesia memiliki modal pertumbuhan pasar kopi terbesar dunia.

“PMO Kopi Nusantara yang terdiri atas BUMN, swasta nasional, asosiasi, dan lembaga research and development (R&D) diharapkan mampu mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di tanah air dan mampu mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi hingga mendorong industri kopi dalam negeri untuk berdaya saing global,” kata Erick.

Ketua PMO Kopi Nusantara Dwi Sutoro meyakini, kehadiran PMO merupakan wujud komitmen BUMN dalam meningkatkan industri kopi tanah air.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

“Seperti yang disampaikan Pak Menteri Erick, kita harus berdaulat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan. Industri kopi Indonesia ini 96 persen dari kopi rakyat, maka tujuan utama tentu meningkatkan kesejahteraan petani kopi,” kata Dwi.

Sebagai tahap awal, program proyek percontohan untuk memperkuat ekosistem kopi adalah dengan mengintegrasikan enam titik wilayah penghasil kopi terbesar di Indonesia, meliputi dua titik di Jawa Timur, dua titik di Jawa Barat, serta dua titik di Lampung dan Sumatera Utara.

“Tiga target utama dari PMO Kopi Nusantara, antara lain memperbaiki rantai pasok bisnis kopi, meningkatkan kesejahteraan petani melalui pelatihan dan bimbingan, serta membangun platform digital untuk komoditas kopi,” jelas Dwi.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *