in ,

Dukung Startup, Pemerintah Siapkan Merah Putih Fund

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menekankan pentingnya peran ekonomi digital bagi perekonomian Indonesia. Saat ini ekonomi Indonesia secara gross domestic product (GDP) sekitar Rp 15.400 triliun atau 1,1 triliun dollar AS.

“Pada 2030, ekonomi Indonesia Indonesia diproyeksikan tumbuh sekitar 1,5 kali lipat menjadi Rp 24.000 triliun hingga Rp 30.000 triliun, exposure dari ekonomi digital akan tumbuh dari Rp 632 triliun menjadi Rp 4.531 triliun,” kata Lutfi.

Proyeksi itu bersumber dari beberapa sektor.

Pertama, e-commerce nilainya akan menjadi sekitar Rp 1.900 triliun.

Kedua, teknologi pendidikan (edutech) nilainya diproyeksi tembus Rp 160 triliun. Sektor edutech ini sangat penting untuk membentuk generasi emas Indonesia di masa yang akan datang. Sektor digital harus mampu meningkatkan taraf pendidikan dan kualifikasi tingkat pendidikan para pekerja di Indonesia. Sebagai gambaran, kita menerima 25 juta siswa SD (sekolah dasar) tapi yang sampai lulus SMA (sekolah menengah atas) hanya 10 juta siswa. Ada 15 juta yang hilang ditelan emisi,” jelas Lutfi.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Ketiga, teknologi digital dalam layanan kesehatan (health tech) yang nilainya diperkirakan mencapai Rp 476 triliun. “Setiap satu dokter yang lulus saat ini harus menanggung 600 pasien baru, jadi harus ada teknologi yang baik untuk bisa memberikan pelayanan ke angkatan dokter muda kita,” tambah Lutfi.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *