in ,

Daftar “Startup” yang Peroleh Suntikan Dana dari BUMN

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)

BRI Ventures tercatat memiliki portofolio investasi di unicorn maupun centaur (calon unicorn), diantaranya Bukalapak, Tanihub, Ayoconnect, LinkAja, Modalku, Investree, Nium, Payfazz Awam Tunai, Haus, Brodo, Andalin, Yummy Corp, dan Sayurbox.

CEO BRI Ventures Nicko Wijaya mengatakan, selain pendanaan, BRI Ventures juga memiliki program akselerator untuk startup Indonesia, yaitu bernama Sembrani Wira. Singkatnya, program ini adalah pembinaan startup potensial.

“Pada batch pertama (Sembrani Wira) kami membina delapan startup yang bergerak di bidang bio-tech, wellness, juga e-commerce. Saat ini ekosistem startup lokal masih menjadikan sektor e-commerce sebagai primadona, ada banyak startup Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yang pertama kali muncul dan berkembang,” kata Nicko.

Baca Juga  Pertamina Hulu Rokan Ambil Alih Kelola Blok Rokan

3. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Telkom kini memiliki 13 startup berstatus aspiring unicorn atau centaur di dalam portofolio bisnis modal venturanya, PT Metra Digital Investama (MDI Ventures). Pada semester I-2021, MDI Ventures investasi kepada Gojek sebesar Rp 2,11 triliun.

Selain itu, portofolio MDI Ventures diantaranya, SiCepat, Kredivo, Tanihub, Cermati, Alodokter, Payfazz, Fabelio, Qoala.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *