in ,

BNI Proaktif Bantu UMKM “Go Global”

BNI Proaktif Bantu UMKM
FOTO: BNI

BNI Proaktif Bantu UMKM “Go Global”

Pajak.com, Jakarta – Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Royke Tumilaar memastikan, BNI terus proaktif dalam mendorong dan bantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) go global. Salah satunya, menyediakan layanan konsultasi bisnis go global yang dapat diakses, di booth BNI Xpora Lounge, pada ajang International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) on October 2023, di Jakarta Convention Center (JCC). Adapun INACRAFT on October 2023 berlangsung hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

“BNI berupaya menjadi ‘One Stop Solution SME Business’ dengan proaktif menyediakan layanan pembiayaan, channel transaksi, dan pemberdayaan UMKM secara menyeluruh. Melalui BNI Xpora, perseroan mendukung UMKM dengan memberikan pelatihan dan pendampingan agar dapat naik kelas,” ungkap Royke dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (6/10).

BNI bersyukur dapat kembali berpartisipasi dalam ajang pameran UMKM prestisius ini. Dalam ajang INACRAFT on October 2023 terdapat beragam kerajinan tangan, fesyen, aksesori, dan penganan khas Indonesia yang diekspos.

“Kami berharap lebih banyak pelaku UMKM dapat on boarding ke digital portal BNI Xpora, sehingga berkesempatan mengikuti berbagai program pelatihan, pendampingan, business matching, hingga event pameran luar negeri,” kata Royke.

Baca Juga  Airlangga Ungkap 3 Bukti Fundamental Perekonomian Indonesia Masih Terjaga

Ia menyebut, hingga kuartal II-2023, total kredit BNI Xpora untuk debitur UMKM berorientasi ekspor telah mencapai Rp 29 triliun. Nominal tersebut berasal dari 27.000 debitur BNI Xpora.

“Kredit program BNI Xpora ini disalurkan untuk pelaku UMKM sektor manufaktur sebanyak 53 persen, di mana sebagian di antaranya merupakan pelaku industri kreatif,” ungkap Royke.

Ia juga mengumumkan, BNI memberikan penawaran menarik kepada UMKM dalam gelaran INACRAFT on October 2023, di antaranya cashback hingga Rp 5 Juta untuk tenant dengan peningkatan saldo tertinggi. Kemudian, tenant dengan transaksi Electronic Data Capture (EDC) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tertinggi berkesempatan mendapatkan tapcash bersaldo hingga Rp 1 Juta.

Tenant yang menggunakan EDC dan rekening BNI juga dapat mengikuti spinning game dengan hadiah Samsung Galaxy A53 dan berbagai hadiah menarik lainnya,” tambah Royke.

Untuk mendorong sisi permintaan, BNI memberikan penawaran menarik untuk pengunjung INACRAFT on October 2023 berupa diskon hingga 25 persen bagi pembelian tiket menggunakan Kartu BNI, QRIS, dan BNI Mobile Banking. Terdapat pula cashback hingga Rp 1,5 juta transaksi dengan BNI Kartu Kredit, Debit, dan Debit Emerald.

Baca Juga  PDNS Diserang Siber, Wamenkominfo: Pemulihan Dilakukan Secepatnya

Pengunjung turut berkesempatan mendapatkan voucher MAP senilai Rp 50 ribu apabila bertransaksi dengan QRIS atau BNI Mobile Banking dan extra cashback hingga Rp 300 ribu berupa BNI Rewards Point. Pemegang kartu kredit BNI pun berkesempatan mendapatkan cicilan 0 persen hingga 6 bulan, cashback, dan sebagainya

Tak hanya itu, BNI menyediakan bonus tiket masuk untuk setiap pembukaan rekening BNI di gate INACRAFT. Pengunjung yang melakukan top up saldo tabungan berkesempatan bermain spinning game dengan hadiah logam mulia, kupon belanja dan sebagainya.

“Semoga program khusus ini dapat menjadi pendorong kinerja UMKM agar dapat mengakselerasi kinerja di semester kedua tahun 2023,” pungkas Royke.

Pada momentum ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan berkunjung ke Booth BNI Xpora Lounge. Kunjungan Jokowi disambut langsung Royke, Wakil Direktur BNI Adi Sulistyowati, beserta direksi lainnya.

Baca Juga  Jokowi Bentuk Satgas Pemberantasan Judi "On-line", Ini Tugas dan Susunannya

Sebagai informasi, komitmen perseroan untuk mendukung UMKM go global telah ditunjukkan sejak pandemi COVID-19 dengan meluncurkan program BNI Xpora. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengakui, program ini nyata membawa pembaruan bagi UMKM yang export-oriented. Berkat Xpora, beberapa produk UMKM telah berhasil mendunia, seperti cokelat Bali dan batik yang diekspor ke Singapura.

Baca juga: 

Lima Dukungan BNI Dorong UMKM “Go Global” https://www.pajak.com/ekonomi/lima-dukungan-bni-dorong-umkm-go-global/.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *