in ,

Berikut Capaian Kinerja 2021 Subsektor EBTKE

Berikut Capaian Kinerja 2021 Subsektor EBTKE
FOTO : IST

Pajak.ComJakarta – Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana mengungkapkan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menorehkan kinerja positif pada peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), peningkatan pengurangan emisi gas rumah kaca, peningkatan pemanfaatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) subsektor EBTKE.

“Realisasi PNBP subsektor EBTKE hingga tahun 2021 meningkat sebesar 134 persen dari target, yakni mencapai Rp 1.929 miliar dari target Rp 1.438 miliar. Komposisi PNBP berdasarkan pola pengusahaan, dimana PNBP panas bumi sebagian besar (97 persen) berasal dari wilayah kerja panas bumi eksisting berupa setoran bagian pemerintah, sedangkan pemegang IPB berkontribusi 3 persen untuk PNBP Panas Bumi,” ungkapnya pada konferensi pers awal tahun, Senin (17/01)

Baca Juga  Lippo Karawaci Libatkan Mitra Strategis dalam Menerapkan ESG

Dadan menambahkan, pengurangan emisi gas rumah kaca mencapai 69,5 juta ton CO2e, 104 persen dari target sebesar 67 Juta Ton CO2e. Sementara pemanfaatan TKDN mencapai 76,71 persen dari target 70 persen untuk PLTA, 38,97 persen dari target 35 persen untuk PLTP, dan 57,75 persen dari target 40 persen untuk PLTBio.

Selain itu, porsi bauran EBT pada tahun 2021 telah mencapai 11,5 persen. Menurutnya, beberapa upaya percepatan akan dilakukan oleh Kementerian ESDM untuk mencapai bauran energi dari EBT sebesar 23 persen pada 2025 mendatang.

Ditulis oleh

Baca Juga  Bahaya Fenomena Otak Popcorn: Gejala, Dampak, dan Cara Mengobatinya

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *