in ,

Bank Dunia: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 4,6 Persen

Bank Dunia: Pertumbuhan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – World Bank (Bank Dunia) mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi sebesar 4,6 persen pada tahun 2022 dan 4,7 persen di 2023. Sebelumnya, dalam laporan Indonesia Economic Prospects 2022, Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen pada 2022 dan 5,3 persen di tahun depan. Koreksi Bank Dunia ini dikarenakan kondisi dinamika geopolitik global yang semakin menantang.

Kepala Ekonom World Bank Indonesia dan Timor Leste Habib Rab menuturkan, kondisi geopolitik memberikan tekanan pada pertumbuhan ekonomi global, termasuk Indonesia. Hal yang paling menjadi perhatian Bank Dunia, yaitu risiko penurunan permintaan ekspor komoditas akibat perlambatan ekonomi global, yang akan berdampak terhadap pendapatan Indonesia.

Baca Juga  Peran Tech Startup Ciptakan Inovasi Teknologi

“Kondisi itu dapat memaksa realokasi fiskal, dari belanja yang mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi subsidi yang mungkin tidak tersalurkan dengan baik. Dalam skenario semacam ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa saja lebih rendah dari yang telah diantisipasi dan mencapai 4,6 persen pada 2022 dan 4,7 persen pada 2023,” ungkap Habib dalam peluncuran laporan Indonesia Economic Prospects June 2022, dikutip Pajak.com (23/6).

Kendati demikian, ia menyatakan, tingginya harga komoditas beberapa waktu lalu membawa berkah bagi Indonesia atas tingginya penerimaan. Kenaikan harga sawit dan batu bara mampu membantu konsumsi di dalam negeri dan menopang neraca perdagangan, karena ekspor lebih tinggi dari impor.

“Kenaikan penerimaan membuat Indonesia mampu menggelontorkan subsidi energi untuk menjaga inflasi dari dampak kenaikan harga komoditas. Bank Dunia menilai langkah tersebut berhasil, karena tingkat inflasi masih berada dalam target pemerintah, yakni 2 persen sampai dengan 4 persen,” kata Habib.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings