in ,

Bank Dunia: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 4,6 Persen

“Kondisi ini juga berefek positif kepada stabilitas rupiah uang diperkirakan berada di rentang Rp 14.300 per dollar AS sampai Rp 14.700 per dollar AS pada tahun ini. Pada tahun depan, rupiah diperkirakan bergerak di rentang Rp 14.400 per dollar AS hingga Rp 14.800 per dollar AS. Nilai tukar meskipun terdepresiasi tapi relatif rendah dan stabil dibandingkan negara lain,” kata Perry.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, dalam asumsi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023, pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada di rentang 5,3 persen sampai 5,9 persen.

“Faktor yang menjadi daya dorong pertumbuhan lebih tinggi pada tahun depan masih karena harga komoditas dan juga hasil dari reformasi yang dilakukan pemerintah. Namun, kita juga melihat downside risk-nya, seperti yang sudah disampaikan, yakni geopolitik, gangguan dari sisi supply, kenaikan inflasi, suku bunga dan stagflasi global. Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini di rentang Rp 4,8 persen sampai dengan 5,5 persen. Ini masih berada dalam sasaran target pemerintah dalam APBN tahun ini di 5,2 persen,” ungkap Sri Mulyani.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *