in ,

Anggota Kongres Amerika Serikat Temui Jokowi

kongres amerika temui jokowi
Foto: Setkab Republik Indonesia

Anggota Kongres Amerika Serikat Temui Jokowi

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan anggota kongres Amerika Serikat, pada (12/4), di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, para delegasi kongres menyampaikan komitmen Amerika Serikat untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dalam konteks kemitraan strategis atau strategic partnership.

Adapun anggota kongres Amerika Serikat yang hadir adalah Senator Jeff Merkley, Senator Chris Van Hollen, Representative Lloyd Doggett, Representative Praila Jayapal, Representative Ilhan Omar, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim, dan Mission Director of United States Agency for International Development (USAID) Jeffery Cohen.

“Karena mereka melihat bahwa Indonesia adalah mitra yang sangat penting di kawasan dan mereka mengatakan bahwa Indonesia is shining now,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resmi yang diterima Pajak.com, (12/4).

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Selain itu, para delegasi juga mengapresiasi kesuksesan Indonesia dalam presidensi G20 tahun lalu. Mereka pun turut memberikan dukungan terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN.

“Mereka mengulang kesuksesan keketuaan Indonesia di G20 dan mereka memberikan dukungan yang kuat terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN untuk tahun ini,” kata Retno.

Selain itu, menurutnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen kuat terhadap isu perubahan iklim dan lingkungan. Presiden Jokowi juga menyampaikan sejumlah capaian Indonesia untuk mengatasi masalah itu.

“Termasuk adanya pengurangan kebakaran hutan yang lebih dari 80 persen so far. Presiden menyampaikan permintaan dukungan Amerika Serikat untuk transisi energi,” tambah Retno.

Pemerintah Indonesia turut menyampaikan harapan terkait dukungan dari kongres Amerika Serikat terhadap sejumlah isu, mulai dari perpanjangan fasilitas generalized system of preferences (GSP) hingga akses pasar.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

“Presiden Joko Widodo juga mengharapkan Indonesia dapat menjadi bagian dari global supply chain Amerika Serikat dan dunia.” ujar Retno.

Sebelum melakukan pertemuan, Jokowi dan delegasi kongres Amerika Serikat telah melakukan pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

“Dan esok hari, para delegasi kongres Amerika Serikat akan berkunjung ke IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara,” tambah Retno.

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengungkapkan bahwa perwakilan Amerika Serikat akan mengunjungi proyek IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dalam waktu dekat. Kunjungan ini sebagai lanjutan dari pertemuan delegasi Jepang dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol yang menyatakan komitmennya untuk ikut membangun IKN.

“Dua pekan lalu, (presiden) Korea (Selatan) dan (delegasi) Jepang datang, kira-kira beberapa minggu lagi dari Amerika Serikat juga akan datang. Jadi kalau kita lihat itu minat para investor besar,” ujar Bambang di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), (3/4).

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Pemerintah Indonesia berharap, banyaknya negara yang berminat investasi akan membuat IKN Nusantara sebagai kota paling berkelanjutan di dunia.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *