in ,

7 Orang Kaya AS yang Kumpulkan Kekayaan dari Kripto

7 Orang Kaya AS yang Kumpulkan kekayaan dari Kripto
FOTO: IST

Pajak.com, Washington – Kejayaan aset kripto semakin merajai sektor investasi di dunia. Terbukti, banyak generasi baru orang-orang kaya di Amerika Serikat (AS) yang memiliki sumber pendapatan dari aset kripto. Untuk pertama kali dalam sejarah, ada 7 orang kaya di AS yang mengumpulkan kekayaannya lewat investasi aset kripto dan masuk dalam daftar orang terkaya di AS. Dari 7 orang tersebut, sebanyak enam lainnya adalah pendatang baru.

Mengutip berita Forbes, Rabu (6/10/2021), akumulasi nilai kekayaan 7 orang terkaya di AS tersebut bersumber dari aset kripto mencapai 55,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 782,42 triliun (kurs Rp 14.200). Dari jumlah itu, hampir separuhnya bersumber dari satu orang, yakni CEO dari bursa derivatif kripto FTX Sam Bankman-Fried. Dalam waktu dua tahun, pria berusia 29 tahun itu mampu membangun platform perdagangan kripto yang cukup sukses. Volume harian perdagangan kripto di FTX mencapai 13,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 195,96 triliun.

Baca Juga  Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Kuabang

Pada Juli lalu, FTX mengumumkan telah saja mendapatkan pendanaan seri B sebesar 900 juta dollar AS atau sekitar Rp 12,78 triliun. Kucuran modal itu disebut-sebut merupakan yang terbesar sepanjang sejarah pendanaan modal ventura di industri aset kripto. Valuasi FTX dengan seri pendanaan terakhir itu kini mencapai 18 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 255,6 triliun.

Orang kaya pendatang baru dalam daftar orang terkaya AS di antaranya adalah CEO Coinbase Brian Armstrong yang tercatat di bursa saham pada April lalu. Pencatatan saham kripto itu juga mencetak rekor pencatatan saham langsung terbesar dalam sejarah, dengan total dana sebesar 86 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.221,2 triliun.

Baca Juga  KKP Bidik Kredit Program Pembiayaan Usaha Rp 8,98 T

Selain nama di atas, Cameron dan Tyler Winklevoss yang merupakan pemilik kompetitor Coinbase, yakni Gemini juga menjadi orang terkaya pendatang baru di AS. Ada juga pendiri Coinbase Fred Ehrsam serta pendiri Ripple Jed McCaleb. Dalam daftar sebelumnya, pendiri Rippe Chris Larsen terlebih dahulu masuk jajaran daftar 400 orang terkaya di AS tahun. Total nilai kekayaannya mencapai 2,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 38,34 triliun. Kini, total nilai kekayaannya mencapai 6 miliar dollar AS  atau setara Rp 85,2 triliun.

Adapun, daftar enam orang miliuner pendatang baru dalam daftar orang terkaya di AS yang sumber kekayaannya berasal dari aset kripto adalah Sam Bankman-Fried, dengan nilai kekayaan 22,5 miliar dollar AS, setara Rp 195,96 triliun; Brian Armstrong dengan kekayaan 11,5 miliar dollar AS, setara Rp 163,3 triliun; Chris Larsen dengan kekayaan 6 miliar dollar AS atau Rp 85,2 triliun; Cameron Winklevoss dengan kekayaan senilai 4,3 miliar dollar AS atau Rp 61,06 triliun; Tyler Winklevoss dengan kekayaan yang juga senilai 4,3 miliar dollar AS; Fred Ehrsam dengan nominal aset senilai 3,4 miliar dollar AS atau Rp 48,28 triliun; dan terakhir, Jed McCaleb yang memiliki 3 miliar dollar AS atau setara Rp 42,6 triliun.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *