in ,

4 Ide Usaha Tambah Penghasilan Saat Ramadan

Ide Usaha Saat Ramadan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia pun khusyuk melakukan ibadah puasa. Di sisi lain, momentum Ramadan juga bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan usaha. Cukup banyak peluang usaha dadakan/musiman untuk menambah pundi-pundi penghasilan bahkan meraup cuan yang cukup menggiurkan bila pintar-pintar menjalankannya.

Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Nah, berikut kami tampilkan 4 ide jenis usaha yang bisa Anda pilih dan terapkan sesuai dengan modal, kegemaran, dan keahlian.

Takjil 

Jika menyelisik artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Takjil berarti menyegerakan berbuka puasa, atau lebih kepada anjuran untuk tidak menunda-nunda berbuka puasa setelah azan magrib dilantunkan. Namun, masyarakat kita telanjur mencapnya sebagai kudapan ringan untuk pembatal puasa. Jenisnya pun beragam seperti kolak, bubur pacar cina, bubur sumsum candil, es buah, atau macam-macam gorengan. Jenis makanan maupun minuman ini tak pernah lekang waktu dan selalu dinantikan saat bulan puasa tiba.

Baca Juga  DJP Tegaskan Umrah dan Haji Tetap Bebas PPN

Biasanya, pelaku usaha kuliner akan mendiversifikasi produk mereka agar relevan dengan bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri. Namun, membuat camilan atau takjil bisa menjadi langkah yang baik bagi pemula untuk mencoba raih penghasilan tambahan di bulan penuh berkah ini. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, berbagai penganan itu mungkin sudah biasa Anda buat sehari-hari sehingga tidak membutuhkan skill khusus untuk mempelajarinya.

Katering

Meski pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk berbuka puasa di restoran atau tempat makan, sebagian masyarakat masih enggan untuk melangsungkan acara buka puasa di tempat umum—terutama bagi para lanjut usia atau yang manusia rentan lainnya seperti ibu hamil dan anak-anak. Tentu, ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk menawarkan keahlian memasak ke mereka.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0