in ,

Tips Memulai Investasi Digital Untuk Mahasiswa, Let’s See!

Tips Memulai Investasi Digital Untuk Mahasiswa, Let's See!
FOTO: IST

Hallo teman-teman mahasiswa milenial, perlu kamu ketahui bahwa belajar dikampus saja masih kurang cukup untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kamu, apa lagi kamu yang ingin mempunyai tabungan atau pendapatan sendiri. Sudah waktunya kamu mempunyai tabungan yang menguntungkan dan bisa membantu meringankan beban orang tua kamu juga loh. Nahh, terus gimana caranya? investasi aja dulu, jadi kalian bisa banget meluangkan banyak waktu untuk belajar agar bisa mendalami dunia investasi. Jangan sampai cuma sekedar investasi saja, tapi kamu juga akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat nantinya.

What is investment? Why invest?

Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan, lembaga, proyek, atau aset berharga dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Perlu kamu ketahui, investasi digital tidak membutuhkan modal besar yang bernilai ratusan juta loh, kamu sudah bisa memulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000 saja di berbagai platform investasi.

Tapi kamu juga harus tau bahwa setiap investasi itu mempunyai risk masing-masing. Jangan sampai kamu nanti niatnya menggapai keuntungan, malah berakhir kepada kepahitan hehe jangan sampai lahh. Maka dari itu, kamu simak beberapa tips yang dapat dilakukan oleh investor pemula termasuk kamu sebagai mahasiswa untuk memulai investasi.

Tips Memulai Berinvestasi, bagi mahasiswa!

1. Pelajari resiko yang akan terjadi.

Paling utama yaitu kamu harus pelajari terlebih dahulu resiko yang akan terjadi bila kamu akan berinvestasi. Dengan cara, melakukan diversifikasi saham melakukan analisis dan riset terhadap setiap perubahan, tidak menempatkan resiko di satu tempat yang sama, mengikuti perkembangan informasi terkini, dan disiplin yang tinggi.

Baca Juga  UU HPP: Manifestasi Seni Mencabut Bulu Angsa yang Ugal-Ugalan

2. Tujuan kamu untuk investasi.

Pasti tujuan dari seseorang berinvestasi adalah untuk memperoleh manfaat finansial. Manfaat tersebut bisa berupa imbal hasil ataupun dalam bentuk lainnya. Kamu harus memiliki tujuan sesuai kebutuhan kamu misal, untuk menyiapkan dana bagi masa depan atau hanya sekedar untuk mendapatkan imbal hasil secepatnya. Jangan sampai kamu berinvestasi hanya karena tertarik oleh ajakan teman atau kerabat, tanpa mengetahui tujuan kamu sendiri ya.

3. Tentukan investasi yang akan kamu ambil.

Setelah mengetahui resiko dan tujuan kamu untuk investasi, selanjutnya kamu harus tentukan juga mau jenis investasi seperti apa. Untuk jenis investasi sendiri banyak dan yang populer di indonesia yaitu: Reksa Dana, Emas dan Logam Mulia, Deposito, Cryptocurrency (Koin Kripto) dari jenis investasi tersebut memiliki keuntungannya masing-masing. Kembali lagi tentukan sesuai tujuan dan keburuhan kamu.

4. Cari tau legalitas tempat kamu berinvestasi.

Supaya kamu aman dan nyaman saat berinvestasi pastikan tempat kamu investasi itu legal dan wajib sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu nggak bakal tertipu sama orang yang sering mengaku bisa jadi tempat investasi terpercaya, padahal bodong.

5. Cerdik dalam investasi.

Lakukan investasi di berbagai instrumen yang berbeda, misalnya obligasi 60 persen, deposito 10 persen, saham 30 persen. Tujuannya supaya meminimalisir kerugian apabila ada instrumen investasi yang sedang turun.

6. Prinsip yang kuat.

Jangan sampai kamu menyerah setelah mengalami kerugian karena kerugian dan keuntungan merupakan risiko yang harus kamu ambil dan kamu harus memiliki prinsip yang kuat jangan gampang menyerah karena orang yang bersungguh-sungguh dan sabar akan mendapatkan hasil yang memuaskan tetap yakinlah okee.

Baca Juga  Emas Digital Alternatif Investasi di Tengah Pandemi

Saat ini berinvestasi sudah semakin mudah dan cepat. Kamu tidak perlu datang langsung ke perusahaan sekuritas atau penyedia investasi lainnya. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas investasi online agar investasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Investasi yang dulunya dilakukan melalui sekuritas tertentu atau dengan bantuan broker, kini sudah bisa dilakukan secara investasi online menggunakan gadget atau perangkat pintar dan canggih lainnya.

Jenis Investasi Online:

1. Peer to Peer Lending (P2P)

Instrumen P2P adalah investasi online dengan mempertemukan investor dengan borrower. Borrower adalah pihak yang memerlukan dana pinjaman.

2. Reksa Dana

Dalam jenis investasi online ini, dana akan ditempatkan di reksa dana. Ada Manajer Investasi yang kemudian mengelola dana investasi yang masuk.

3. Saham

Saham sendiri diterbitkan dan dijual suatu perusahaan untuk mendanai aktivitas perusahaan. Investor yang membeli saham berpeluang mendapat keuntungan dari dividen dan capital gain. Namun risiko bermain saham juga ada dengan adanya capital loss dan risiko likuiditas.

4. Deposito

Deposit mungkin langkah aman untuk berinvestasi. Risiko kerugian cukup kecil. Deposito adalah tabungan berjangka yang dananya hanya bisa diambil setelah melalui jangka waktu tertentu.

5. Obligasi

Obligasi sebagai jenis investasi online yang bisa diaplikasikan untuk jenis investasi jangka panjang maupun jangka pendek, karena biasanya memiliki waktu jatuh tempo mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. Pemegang investasi obligasi biasanya akan diberikan tanda kepemilikan berupa kupon ataupun bunga.

Manfaat perkembangan teknologi di aspek kehidupan jaman now, membuat investasi menjadi lebih mudah dengan banyaknya platform online yang memberi layanan berbagai jenis investasi online. Pastikan hanya berbelanja di situs online yang terpercaya. Cara untuk memastikan situs online aman atau tidak, yaitu dengan melihat apakah ada ikon ‘gembok’. Situs yang aman terdapat simbol ini di pojok kiri atas sebelum alamat situs atau alamat situs yang dimulai dengan https://. Selain itu, situs belanja online yang terpercaya biasanya memiliki layanan garansi dan akan bertanggungjawab jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Hindari bertransaksi digital yang meminta pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya penipuan.

Baca Juga  Transaksi dan Investasi Digital: Milenial Harus Melek Teknologi!

Setelah mengetahui dan mempelajari investasi itu bagaimana, kamu dapat langsung mempraktikkan beberapa tips untuk investasi yang aman. Jadi, kamu jangan takut untuk memulai investasi ya, coba aja dulu.

Semoga tips diatas dapat menambah kepercayaan kamu untuk berinvestasi dan semoga informasi dalam Artikel ilmiah ini dapat membantu kamu untuk investasi digital. Terimakasih.

FOTO: IST

Referensi:

Abdurrochim, A. InFest Expo 2021: Wujud Nyata Solusi Edukasi Keuangan Dan Investasi Oleh Anak Muda Indonesia. Available at: https://www.djppr.kemenkeu.go.id/page/load/3284. Diakses 29 Desember 2021

Manulife. Cara Investasi Bagi Anak Muda dalam 5 Langkah Mudah. Available at: https://www.manulife.co.id/id/artikel/cara-investasi-bagi-anak-muda-dalam-5-langkah-mudah.html. Diakses 02 Januari 2022

OJK. Tips Aman Investasi Online. Available at: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10452. Diakses 31 Desember 2021

Rangkulteman. Investasi Online: Pengertian, Jenis, Contoh dan Tipsnya. Available ar: https://rangkulteman.id/berita/investasi-online-pengertian-jenis-contoh-dan-tipsnya. Diakses 01 Januari 2022

Waluyo, A. Tumbuh Signifikan, Jumlah Investor Pasar Modal Capai 5,65 Juta. Available at: https://investasi.kontan.co.id/news/tumbuh-signifikan-jumlah-investor-pasar-modal-capai-665-juta. Diakses 28 Desember 2021.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

12 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0