in ,

Manis Getir Investasi Digital di Kalangan Milenial

Manis Getir Investasi Digital di Kalangan Milenial
FOTO : IST

Biasanya jika memberi kado ulang tahun kepada anak – anak adalah berupa barang – barang seperti mainan, pakaian, sepatu, aksesoris maupun barang lainnya, namun berbeda dengan Alinea Ava Nasution yang dihadiahi kado berupa slot saham oleh ayahnya, Raditya Dika. Hal ini sontak menyedot perhatian netizen karena kado yang dianggap tidak lumrah seperti pada umumnya. Dalam salah satu ungghannya di Instagram, Radit mengungkapkan bahwa 11 slot saham tersebut adalah berupa slot saham perusahaan mananan balita dan perusahaan es krim. Adapun dua manfaat investasi anak menurut majalah forbes yang dikutip dari kompas.com adalah pertama, dapat mengajari anak literasi finansial dan skill investasi untuk membangun fondasi keingintahuan serta kepercayaan diri tentang uang sejak dini. Kedua, dapat mengajarkan anak untuk mengenal manfaat jangka panjang dari investasi dan tertarik memulai investasi sedini mungkin untuk menghasilkan keuntungan di masa depan.

Apa itu investasi digital?

Menurut Astuti & Rahayu (2020) Investasi adalah menunda kebutuhan konsumsi untuk sementara waktu dan mengalihkan kelebihan uang yang dimilikinya tersebut untuk mendapat keuntungan. Berdasarkan pengertian tersebut investasi dapat mendatangkan manfaat di masa depan dan dapat mengurangi perilaku konsumtif. Seiring dengan perkembangan zaman yang sudah tersentuh oleh berbagai macam teknologi, kegiatan berinvestasi saat ini mulai dipermudah oleh bantuan teknologi tersebut yang diawali dengan timbulnya financial technology (fintech). 

Financial technology merupakan inovasi di bidang keuangan yang mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan pelayanan di bidang keuangan. Investasi digital merupakan salah satu produk fintech berupa penenaman modal dengan tujuan mendapatkan keuntungan jangka panjang yang dilakukan secara online. Contoh platform populer yang menyediakan produk investasi digital bibit.id, bareksa, tokopedia emas dan pegadaian digital. Dikutip dalam laman cimbniaga.co.id, adapun yang termasuk dalam investasi digital adalah :

  1. Reksa danaDalam jenis investasi ini, dana akan ditempatkan di reksa dana. Ada Manajer Investasi yang kemudian mengelola dana investasi yang masuk. Dana yang bisa dipakai berinvestasi di reksa dana beragam. Jenis investasi ini terbilang menjadi paling umum diketahui daripada jenis investasi lainnya.
  2. SahamSaham terbilang sangat populer dibanding instrumen investasi online lainnya. Saham sendiri diterbitkan dan dijual suatu perusahaan untuk mendanai aktivitas perusahaan. Investor yang membeli saham berpeluang mendapat keuntungan dari dividen dan capital gain. Namun risiko bermain saham juga ada dengan adanya capital loss dan risiko likuiditas.

    Jual beli saham sudah bisa dilakukan secara online. Menariknya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengizinkan pembukaan rekening untuk bertransaksi saham secara online. Hal ini sudah pasti mengefisienkan pembukaan rekening. Di samping itu, inklusi jasa keuangan akan meningkat, terutama di pasar modal.

  3. DepositoDeposito adalah tabungan berjangka yang dananya hanya bisa diambil setelah melalui jangka waktu tertentu. Investasi ini dikeluarkan oleh bank dengan nilai persentase bunga lebih tinggi dari tabungan, berkisar 5-6 persen per tahun dan memiliki resiko lebih kecil.
  4. EmasEmas termasuk instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang. Selain itu nilainya terjaga dari inflasi dan gampang dijual. Saat ini mulai banyak layanan tabungan emas untuk investasi ini. Pegadaian, Perbankan, hingga platform khusus tabung emas sudah tersedia dengan pilihan nominal menabung yang terjangkau.
  5. ObligasiObligasi merupakan sebuah produk investasi yang dapat ditemukan di pasar modal. Obligasi berupa surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh pihak terkait, biasanya datang dari pemerintah atau korporasi, namun bisa juga diterbitkan oleh perseorangan. Di dalam obligasi yang diterbitkan, biasanya tercantum pernyataan bahwa setiap pembeliannya memiliki bunga yang akan berkembang dan memberi keuntungan bagi pemiliknya dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga  Investasi Digital Crowdfunding dalam Pemberdayaan UMKM

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings