in ,

Tak Ada Kendala Teknis dalam Implementasi Pajak Karbon

Implementasi Pajak Karbon
FOTO: Dok.Biro KLI

Pajak.com, Badung – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan tak ada kendala teknis dalam rencana implementasi pajak karbon.

“Semua sudah kami siapkan. Tetapi, setiap kebijakan tidak hanya teknisnya saja, ada pula yang harus dilihat dan bisa memengaruhi ekonomi, sosial dan politik,” ungkapnya saat konferensi pers kegiatan sampingan G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali, dikutip Kamis (14/07).

Melihat hal tersebut, ia menambahkan bahwa pihaknya harus melihat dan meneliti dengan detail apakah kebijakan tersebut sudah baik dan waktunya sudah tepat lantaran akan sangat menentukan keberhasilannya. Namun, Kemenkeu akan terus berkomitmen dan bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait dalam persiapan kebijakan dan regulasi pajak karbon.

Baca Juga  Penerimaan Perpajakan DKI Jakarta Capai Rp 433,72 T

Sri Mulyani menjelaskan nantinya pajak karbon akan diujicobakan dari mekanisme yang terbatas di PT Pembangkit Listrik Negara (PLN), yang kemudian akan dilakukan dengan mekanisme cap and trade. Dari uji coba itu, akan dilihat sisi keandalan perdagangan karbonnya dengan mekanisme cap and trade, agar nantinya bisa diperkenalkan harga karbonnya dalam level yang cukup rendah.

“Dengan mekanisme itu semakin membangun reputasi dan nilai liabilitasnya,” imbuhnya.

Meski begitu dalam penentuan harga karbon, ia juga mengatakan akan sangat memerhatikan risiko dari keseluruhan perekonomian, karena fokusnya saat ini kenaikan inflasi dan bisa berdampak kepada resesi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0