in ,

Sri Mulyani dan Menkeu Singapura Bahas Kerja Sama

Secara spesifik, berapa investasi Singapura ke Indonesia? Berdasarkan data Kementerian Investasi (Kemenves)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Singapura merupakan negara dengan investasi tertinggi di Indonesia, nilainya mencapai 9,6 miliar dollar AS periode sepanjang 2021. Angka ini setara 30,2 persen dari total Penanaman Modal Asing (PMA). Sejak tahun 2014, Singapura selalu menduduki peringkat pertama dengan sektor investasi, meliputi minyak dan gas (migas) serta keuangan.

Hal itu tidak lepas dari upaya yang dilakukan kedua negara, diantaranya Indonesia dan Singapura melakukan pertukaran Piagam Ratifikasi Persetujuan Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) atau Bilateral Investment Treaty (BIT) sejak beberapa tahun yang lalu.

Hubungan kedua negara terus dipererat melalui pertemuan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, di Bitan pada awal tahun 2022. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan investasi bagi Indonesia senilai 9,2 miliar dollar AS, utamanya bidang energi baru dan terbarukan. Investasi itu rencananya akan dilakukan sekitar Batam, Pulau Sumba, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Singapura juga berencana investasi untuk pembangunan hub logistik di Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Juga  Mengenal Pajak dan Fungsinya Bagi Kita

Bagaimana kerja sama Indonesia dan Singapura terkait perpajakan? Indonesia dan Singapura telah sepakat meneken kerja sama strategis di bidang penghindaran pajak berganda (double taxation avoidance) sejak tahun 2020 lalu. Langkah ini merupakan pembaruan dari konsensus pencegahan pengelakan pajak yang diteken pada 8 Mei 1990 silam. Saat ini Indonesia dan Singapura sepakat untuk mengimplementasikan konsensus global yang digagas oleh OECD/G20, antara lain terkait pengenaan pajak minimum global 15 persen.

Di sisi kepabeanan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bersama Singapore Police Coast Guard serta Singapore Customs, Imigration, and Checkpoint Authority, sudah bersinergi dalam penanganan kejahatan lintas negara, meliputi patroli laut yang terkoordinasi (coordinated patrol), pertukaran informasi (information exchange), dan investigasi bersama (joint investigation).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *