in ,

Selandia Baru Bakal Tarik Pajak Ternak Bersendawa

“Tidak diragukan lagi bahwa kita perlu mengurangi jumlah metana yang kita masukkan ke atmosfer, dan sistem penetapan harga emisi yang efektif untuk pertanian akan memainkan peran penting dalam bagaimana kita mencapainya,” kata Shaw seperti yang dilaporkan Reuters, beberapa waktu lalu.

Strategi lain untuk membersihkan udara adalah pemakaian masker wajah untuk sapi agar menjebak dan mengubah metana menjadi air dan karbon dioksida. Menurut Zelp—perusahaan yang menemukan alat tersebut—metode ini diklaim dapat mengurangi emisi lebih dari 50 persen. Beberapa petani sudah bereksperimen dengan pakan berbahan dasar rumput laut. Dan para ilmuwan sedang mengutak-atik genetika sapi untuk meningkatkan efisiensi pencernaan mereka.

Ilmuwan UC Davis Ermias Kebreab adalah semacam “pembisik sapi” yang telah menghabiskan dua dekade mempelajari kontribusi gas rumah kaca dari hewan berkuku. Ia mengatakan, mengatasi emisi ternak bisa menjadi pengubah permainan untuk memperlambat perubahan iklim.

Baca Juga  Berikut Hasil Pertanian yang Kena PPN Final 1,1 Persen

“Alasan kami ingin mendorong pengurangan emisi metana sekarang adalah karena kami masih melihat hasilnya cukup cepat—dalam 10 tahun ke depan atau lebih,” ungkapnya.

Di sisi lain, pekerjaannya selama ini memungkinkan ia untuk mengetahui emisi aktual hanya dari jumlah makanan yang dikonsumsi hewan ternak. Dia dan ilmuwan lain telah mengembangkan diet khusus dan prediksi genetik yang dapat membantu mengurangi metana yang terbentuk di perut sapi.

“Sebagian besar gas terbentuk di perut mereka, terjadi di usus mereka, terutama di ruang pertama. Jadi mereka menyemburkannya,” ucapnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *